Akhirnya Terminal Baru Bandara Tampa Padang Beroperasi, AAS: Terima Kasih Pj Gubernur Prof Zudan

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Akhirnya Bandara Tampa Padang memiliki terminal baru dan menjadi ikon baru di provinsi ke 33 ini.

Peresmian terminal ditandai dengan pemotongan pita pintu masuk gedung terminal baru Bandara Tampa Padang oleh PJ Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh bersama mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Bupati Mamuju Sutinah Suhardi, jajaran Forkopimda Sulbar, dan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan langsung penerbangan perdana di Terminal Baru tersebut

Mulai 2011 perjuangan pembangunan terminal baru didesain. Ketika itu Anwar Adnan Saleh yang menjabat sebagai Gubernur Sulbar melakukan pendekatan kepada masyarakat, lalu proses pembangunan mulai digarap pada 2017 oleh Gubernur periode berikutnya, Ali Baal Masdar. Banyak rintangan yang menjadi kendala dalam prosesnya, mulai pembebasan lahan hingga dibenturkan dengan refocusing anggaran akibat bencana pandemi hingga gempa bumi 2021 lalu.

Kehadiran PJ Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh di pertengahan 2023 langsung berinisiatif mempercepat operasi terminal baru tersebut dengan mendatangi Dirjen Perhubungan Udara. berkat dukungan Menhub serta Presiden RI, akhirnya Terminal Baru Bandara Tampa Padang resmi dioperasikan, sekaligus menjadi kado untuk peringatan Hari Jadi Sulbar ke 19 Tahun.

Karenanya, Anwar Adnan Saleh yang juga dikenal sebagai Bapak Pembangunan Provinsi Sulawesi Barat ini terharu dan bangga. Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada PJ Gubenur Sulbar Prof.Zudan atas inisiatif melakukan percepatan pengoperasian bandara tersebut.

“Terima kasih PJ Gubernur, telah berinisiatif mempercepat operasi terminal bandara, ini akan menjadi ikon Sulbar,” tutur Anwar saat memberikan sambutan.

Anwar berharap terminal tersebut digunakan sebaik-baiknya dan akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sulbar.

PJ Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, tak terasa perjuangan empat bulan akhirnya dapat diwujudkan dengan mempersembahkan terminal baru untuk Sulbar di usia ke 19 Tahun

“Empat bulan lalu saya pertanyakan kapan dioperasikan, saya usulkan kalau bisa dioperasikan pada hari jadi Sulbar. Minimal soft launching sambil merapikan semuanya,” kata Zudan.

Kata Zudan, berkat dukungan Menhub dan Presiden RI Joko Widodo akhirnya terminal baru Bandara Tampa Padang dapat dioperasikan

Hal lain, kata Prof.Zudan, saat ini ia juga masih memproses untuk pembukaan direct flight Mamuju-Jakarta.
“Ajak kabupaten lain ikut meramaikan bandara ini, Luwu Utara kita buka akses Kalumpang-Bonehau, Dari Toraja ke Mamasa bisa lewat disini. Kita juga gandeng pengusaha agar kargonya bisa dilayani melalui bandara ini,” ucap Zudan.

Pada soft launching terminal baru, PJ Gubernur Sulbar juga mengundang kedua figur yang turut berperan dalam memperjuangkan berdirinya terminal baru tersebut, yakni Mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh dan Ali Baal Masdar. Informasi yang diterima oleh PJ Gubernur, Ali Baal Masdar tidak sempat menghadiri acara tersebut.(jaf)

  • Bagikan