Kampanyekan Gerakan Minum Tablet Tambah Darah, Realisasi Capai 78 Persen

  • Bagikan
MENUNJUKKAN. Siswi MAN 1 Mamuju usai menerima tablet penambah darah, di Aula MAN 1 Mamuju, beberapa waktu yang lalu. --Rezki Amaliah/Radar sulbar--

MAMUJU, RADAR SULBAR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju terus menekan pencegahan stunting melalui gerakan minum Tablet Tambah Darah (TTD) yang diberi nama Myss Glowing atau Monday, Healthy, Smart, Shining, and Glowing.

Hingga Agustus, jumlah siswi SMP dan SMA sederajat yang mengikuti program tersebut sudah mencapai 11.588 orang.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Mamuju, Dewi Sundari mengatakan, pihaknya mentargetkan 12.306 siswi dari 174 sekolah yang ikut dalam gerakan Myss Glowing.

“Capaiannya saat ini sudah 78 persen atau 11.588 siswi dari 135 sekolah SMP SMA sederajat di kabupaten Mamuju,” kata Dewi Senin 28 Agustus.

Dewi menjelaskan, pihaknya menemui sejumlah kendala dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya jadwal libur semester para siswi sehingga pemberian TTD kerap tertunda.

“Selain itu, personel puskesmas juga terbatas untuk menyasar seluruh siswi dan sekolah yang ditargetkan,” ujar Dewi.

Meski begitu, Dewi Sundari tetap optimis, realisasi gerakan Myss Glowing akan rampung 100 persen. Apalagi, September depan Dinkes Mamuju akan mengevaluasi seluruh capaian Myss Glowing di setiap puskesmas. Utamanya penanggung jawab 22 sekolah yang belum mengikuti Myss Glowing.

“Target kami upayakan selesai tahun ini. Kami juga akan evaluasi, misalnya di Puskesmas Binanga dari 25 sekolah, oh ternyata yang ikut baru 20 sekolah. Nah yang 5 ini yang akan kami push lagi,” tutup Dewi. (rzk/*)

  • Bagikan