Polres-Pemkab Majene Komitmen Perangi Narkoba

  • Bagikan
Bupati Majene Andi Achmad Syukri bersama Kapolres Majene AKBP Toni Sugandri melakukan penandatangan MoU pemberantasan penyalahgunaan obat terlarang di Ruang Pola Kantor Bupati Majene Jumat 25 Agustus 2025.--Muh Mabrur/Radar Sulbar--

MAJENE , RADAR SULBAR — Dalam memberantas penyalahgunaan narkotika dan obatan terlarang, Polres Majene bersama Pemkab Majene sepakat berkomitmen menjalin kerjasama untuk memerangi peredaran barang haram tersebut.

Hal tersebut di tandai dengan penandatanganan MoU kesepakatan bersama upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pada kampung tangguh bebas narkoba di ruang pola kantor Bupati Majene, Jumat 25 Agustus.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri mengatakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Majene dengan Polres Majene, terkait upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pada kampung tangguh bebas narkoba.

“Kerjasama ini merupakan langkah yang sangat strategis, dalam menguatkan komitmen kita untuk memerangi segala upaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di daerah tercinta ini,” ungkapnya.

Terlebih posisi Majene sebagai perlintasan jalur antar provinsi, sekaligus menjadi salah satu pintu gerbang daerah penyangga IKN, yang bisa saja disusupi aktivitas mobilisasi barang haram.

Untuk itu, pencegahan narkoba harus melibatka setiap lapisan masyarakat, mulai dari tingkat bawah dalam hal ini kampung-kampung hingga wilayah perkotaan, termasuk memberikan penyadaran secara masif sejak usia dini, mengingat potensi penyalahgunaan barang haram tersebut mudah merasuki kalangan anak muda diberbagai level pendidikan.

Program kampung tangguh bebas narkoba di harapkan bakal berjalan sesuai harapan, yang berdampak luar biasa bagi masyarakat.

“Kami menghimbau kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini, agar bahu membahu merumuskan strategi dan program- program yang efektif, mengingat semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi, maka tantangan, fenomena sosial dimasyarakat juga semakin kompleks,” ungkapnya.

Kapolres Majene AKBP Toni Sugadri menuturkan bahwa persoalan narkoba ini merupakan masalah luar biasa dan Kebanyakan kasus narkoba itu diawali dari problem-problem keluarga, yaitu kurangnya perhatian dari keluarga.

Sehingga diperlukan peran serta seluruh pihak termasuk masyarakat untuk menangkalnya. Salah satunya dengan pembentukan kampung tangguh anti narkoba ini yang diharapkan bisa menjadi upaya yang efektif dalam mencegah peredaran narkoba di masyarakat.

Kunci utamanya agar program ini berjalan adalah partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri agar penegakan hukum penyalahgunaan narkoba dapat berhasil guna dan berdaya guna.

Penegakan hukum penyalahgunaan narkoba akan berjalan efektif apabila masyarakat turut serta dalam kegiatan itu khususnya peran organisasi Agama melalui sarana dakwah yang dapat diselipkan dalam kegiatan keagamaan untuk memberi pemahaman kepada umat agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. (r2/mkb)

  • Bagikan