Mulai Dikerjakan 2017, Akhirnya Terminal Baru Bandara Tampa Padang Siap Difungsikan

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID –Sejak dikerjakan tahun 2017, Terminal Baru Bandara Tampa Padang siap dioperasikan pada September mendatang. .

Terminal Baru yang dibangun di Desa Ahuni Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju itu mulai dikerjakan 2017. Targetnya saat itu bisa difungsikan pada 2021, hanya saja proses pekerjaan harus dihentikan lantaran terjadi refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19. Hampir setahun gedung terminal baru terbengkalai. Rencananya akan kembali dikerjakan pada 2021 namun Sulbar kembali diterpa bencana gempa bumi 6,2 magnitudo di awal tahun. Mau tidak mau pemerintah harus memfokuskan program untuk pemulihan ekonomi. Barulah memasuki 2022 pemerintah dapat kembali lebih fokus menyelesaikan beberapa bagian terminal baru bandara Tampa Padang.

Kini tersisa pengerjaan parkiran dan pagar di area terminal baru. Hasil peninjauan PJ Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh bersama sejumlah OPD melihat kondisi bandara siap dioperasikan. Ia optimis September sisa item yang belum selesai bisa dituntaskan dalam beberapa pekan kedepan.

“Bandaranya sudah siap tinggal persiapan di depan; parkiran dan jalan, ini September sudah bisa dioperasikan,” ujar Zudan ditemui saat meninjau kondisi terminal baru Bandara Tampa Padang, di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Minggu 20 Agustus 2023.

Kepala UPBU Bandara Tampa Padang Mamuju Djarot Nugroho memastikan beberapa pekerjaan di area bandara yang belum selesai seperti pagar dan trotor parkiran.

“Ini bisa diselesaikan, September tuntas semua,” kata Djarot.

Untuk mengoptimalkan fungsi bandara, sebelumnya PJ Gubernur Sulbar juga melakukan pertemuan dengan maskapai mengupayakan terbukanya jalur penerbangan langsung Mamuju-Jakarta. Rute tersebut, selain melayani angkutan penumpang juga mendorong Layanan kargo. (jaf)

  • Bagikan