Siaga di Lokasi Pengungsian, Dinkes Sulbar Antisipasi Penyakit Menular Bagi Korban Kebakaran Simbuang

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID –Puluhan keluarga terdampak kebakaran kehilangan tempat tinggal. Beberapa dirawat di rumah sakit, ada yang dirumahkan, ada juga yang tinggal di tenda posko pengungsian.

Dikuatirkan kondisi tersebut timbul dampak susulan berupa penyakit menular terhadap korban, seperti diare, gatal-gatal, sesak nafas, dan penyakit lainnya.

“Hal perlu diantisipasi pasca kebakaran adalah penyakit yang timbul di lokasi pengungsian. Seperti diare, gatal gatal dan sesak nafas dan lainnya dan ini yang terus kita pantau jangan sampai kejadian kejadian tersebut bisa terjadi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulbar dr Asran Masdi, Jumat 18 Agustus 2023

Karenanya, saat ini Dinkes bekerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten terus melakukan pemantauan korban kebakaran di Simbuang.

“Kami masih berada di lokasi kebakaran dan memantau perkembangan korban,” ujar Kadis Kesehatan Sulbar dr Asran, Jumat (18/08/2023).

Kondisi saat ini, lanjut Asran, beberapa korban dalam perawatan di RSUD Mamuju dan RSUD Sulbar. Termasuk pihaknya melakukan trauma healing terhadap warga terdampak.

“Pelayanan yang kami berikan dalam urusan kesehatan seperti pendampingan, pemberian makanan tambahan untuk bayi, menyiapkan logistik obat yang dibutuhkan dan memberikan layanan trauma healing” ucap Asran. (jaf)

  • Bagikan