75 Paskibraka Polman Dikukuhkan

  • Bagikan
DIKUKUHKAN. Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar mengukuhkan anggota Paskibraka yang akan bertugas dalam peringatan HUT RI di Lapangan Pancasila Pekkabata Polewali, Kamis 17 Agustus 2023. --ist--

POLEWALI, RADARSULBAR.CO.ID — Sebanyak 75 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Polewali Mandar dikukuhkan oleh Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar di Gedung Nusantara Gadis Polewali, Selasa malam 15 Agustus 2023..

Pengukuhan anggota Paskibraka ditandai dengan pemasangan sabuk secara simbolis kepada perwakilan Paskibraka oleh Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar. Pengukuhan Paskibraka ini dilakukan sebelum mengemban tugas dalam peringatan HUT yang ke-78 Republik Indonesia tahun 2023.

Andi Ibrahim Masdar mengungkapkan anggota Paskibraka yang dikukuhkan ini merupakan siswa pilihan yang ada di Polman setelah melewati berbagai seleksi ketat sebelumnya. Anggota Paskibraka merupakan pemuda dan pemudi yang terbaik dan terpilih untuk berkesempatan dalam mengemban tugas negara dalam pengibaran bendera merah putih pada upacara peringatan HUT Republik Indonesia.

Andi Ibrahim Masdar menyampaikan ucapan selamat bertugas dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan pengabdian para pembina, pelatih serta anggota paskibraka.
75 anggota Paskibraka Polman ini siap menjalankan tugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 di Lapangan Pancasila Polewali, Kamis 17 Agustus.

Sebelumnya anggota Paskibraka ini sudah digembleng dalam latihan setiap harinya sejak 1 Agustus lalu. Mereka membentuk formasi Paskibraka yang terdiri pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45. Setelah berlatih selama empat belas hari, Paskibraka Polman ini menjalani karantina di Hotel Sinar Mas Polewali sejak Senin 14 Agustus.

Tiga siswa anggota Paskibraka sudah terpilih menjadi pengibar, pembentang dan penggerek bendera merah putih saat HUT RI ke-78. Ketiganya itu yakni, Muhammad Iqbal siswa Kelas XI 11 Mandiri, SMAN 1 Wonomulyo yang akan mengibarkan. Kemudian Andi Muhammad Fauzi F siswa Kelas XI 11 SMAN 3 Polewali sebagai pembentang dan bertugas sebagai pengerek yakni Bridov Bombong siswa Kelas XI 6 SMAN 3 Polewali.

Sementara bertugas membawa baki saat pengibaran bendera HUT RI ke-78 yakni Nabila Kartika Chandra Kirana, siswa Kelas XI 10 Berkarakter SMAN 1 Wonomulyo. Sedangkan pembawa baki saat penuruan bendera dipercakayan kepada Siti Annisya Enre siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Polewali.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polman, Aco Musaddad mengatakan setelah mereka menjalani latihan selama dua pekan, anggota Paskibraka Polman siap menjalankan tugas mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera pusaka dalam upacara HUT RI ke-78.

Sementara Koordinator Pelatih Paskibraka Polman, Bripka Bagus Wahyono menambahkan 75 Paskibraka ini telah digembleng selama dua pekan mulai 1 Agustus hingga 13 Agustus di Lapangan Pancasila Pekkabata. Kemudian dilakukan karantina selama empat hari mulai 14 Agustus hingga 17 Agustus di Hotel Sinar Mas Polewali.

“75 paskibraka ini akan dibagi tiga kelompok yakni pasukan 17 sebagai pengiring bendera, pasukan 8 sebagai pembawa bendera dan pasukan 45 sebagai pengawal,” tandas Bripka Bagus yang juga anggota Satlantas Polres Polman ini. (mkb/jaf)

  • Bagikan