Unsulbar Terima Hibah Satu Miliar Dari Pemkab Polman Untuk Perbaikan Jalan

  • Bagikan

POLEWALI, RADARSULBAR.CO.ID — Prihatin dengan kondisi jalan menuju kampus Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Padang-Padang Kabupaten Majene yang rusak parah. Pemkab Polewali Mandar menyiapkan anggaran dalam bentuk dana hibah sebesar Rp 1 miliar. Walaupun tidak masuk dalam wilayah Polman, tetapi perbaikan jalan ke Kampus Unsulbar ini akan dikerjakan sendiri Pemkab Polman.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar membenarkan akan membenahi jalan menuju kampus Unsulbar. Ia mengaku telah menyiapkan anggaran untuk perbaikan jalan menuju kampus Unsulbar. Rencananya akan dibangun sendiri Pemkab Polman kemudian setelah selesai akan dihibahkan ke Unsulbar.

“Jika dibandingkan dengan jalan desa terpencil di Polman seperti ke Kaleo Kecamatan Binuang masih lebih bagus jika dibandingkan dengan kondisi jalan menuju Unsulbar. Kasihan jika mahasiswa melewati jalan tersebut. Apalagi banyak juga mahasiswa asal Polman yang kuliah di Unsulbar,” jelas Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, Selasa 8 Agustus 2023

Rencana pembangunan jalan menuju kampus Unsulbar ini belum disampaikan secara resmi ke Rektor Unsulbar dan baru kepada awak media saja.

Menurut Andi Ibrahim Masdar, kampus Unsulbar ini adalah siriqnya masyarakat Sulawesi Barat. Apalagi delapan puluh persen anak Polman kuliah di Unsulbar. Ia meminta agar Unsulbar tidak menjadi tempat untuk berpolitik karena menurutnya kampus harus netral.

Andi Ibrahim Masdar juga menyampaikan, tahun ini Pemkab Polman juga memberikan bantuan ke dana hibah ke beberapa instansi vertikal. Tetapi bantuan hibah ini dalam bentuk membangun fasilitas penunjang bagi instansi vertikal. Seperti batuan pembangunan pagar Polres Polman sebesar Rp1 miliar, bantuan pembangunan pembangunan mess Kejari Polman Rp 1 miliar dan pembangunan rumah dinas di SPN Mekatta Malunda Kabupaten Majene juga sebesar Rp 1 miliar.

Selain itu, Bupati Polman juga telah memberikan dana hibah sebesar Rp 1 miliar kepada Kodim untuk program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di Desa Ongko Kecamatan Campalagian.

“Selain itu, semua kampus yang ada di Polman ini sudah kita dibantu dana hibah untuk membangun berbagai fasilitas penunjang untuk aktifitas perkuliahan. Karena kita ingin melihat semua perguruan tinggi yang ada di Polman sejajar dan semuanya maju,” tandas Andi Ibrahim Masdar.

Sementara itu, civitas akademika Universitas Sulawesi Barat menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian Pemkab Polman yang telah menganggarkan dana untuk pembangunan jalan di Unsulbar.

“Alhamdulillah, kami tentu menyambut gembira atas kabar tersebut. Ini (pembangunan jalan) akan sangat membantu kelancaran proses belajar mengajar di kampus,” kata Rektor Unsulbar Prof Muhammad Abdy saat dikonfimasi, Selasa malam kemarin.

Lebih lanjut Prof Abdy menyampaikan keberadaan Unsulbar adalah bagian tidak terpisahkan dari berdirinya Provinsi Sulbar, yang salah satu tujuannya adalah membangun sumberdaya manusia, mendidik generasi di Sulawesi Barat.

” Semoga langkah Pemkab Polman itu juga diikuti pemkab lainnya. Unsulbar ini adalah milik seluruh masyarakat Sulawesi Barat,” tambah Rektor Abdy. (arf/mkb/jaf)

  • Bagikan