Persiapan HUT Kemerdekaan, Calon Paskibraka Polman Mulai Latihan

  • Bagikan
PASKIBRAKA. Wakil Bupati Polman M Natsir Rahmat saat membuka Diklat Paskibraka di ruang pola Kantor Bupati Polman, Selasa 1 Agustus 2023. --ist--

POLEWALI, RADARSULBAR.CO.ID — Sebanyak 75 Calon Paskibraka (Capaska) Kabupaten Polewali Mandar mulai menjalani latihan di Lapangan Pancasila Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali, Selasa 1 Agustus 2023

Sebelum mereka latihan pengibaran dan penurunan bendera saat Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78, 17 Agustus mendatang. Para Capaska ini mengikuti acara pembukaan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Paskibraka 2023 di ruang pola Kantor Bupati Polman, Selasa kemarin. Pembukaan Diklat Paskibraka ini dipimpin Wakil Bupati Polman, M Natsir Rahmat.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polman, Aco Musaddad mengatakan Paskibraka ini memiliki tugas utama mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera pusaka dalam upacara HUT RI ke-78. Kegiatan Paskibraka ini, kata Aco Musaddad merupakan rangkaian mata rantai aktivitas dimulai dari persiapan, sosialisasi, rekrutmen dan seleksi, pemusatan latihan sampai pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera pusaka hingga pemberian penghargaan bagi peserta yang telah menunaikan tugasnya.

Sebelumnya kata Aco Musaddad, dilakukan pra seleksi calon Paskibraka mulai 9-11 Maret lalu dengan membagi tiga zona yakni di SMAN 1 Campalagian zona 1, MAN 1 Polman zona 2 dan SMAN 2 Polewali zona 3. Kemudian dilakukan seleksi Paskibraka tingkat kabupaten 12-23 Maret meliputi seleksi Parade, tes intelegensia umum dan pancasila, PBB, kesamaptaan dan kepribadian.

“Hasil seleksi tersebut kemudian ditetapkan 75 anggota Paskibrakan Polman yang terdiri dari putra 42 orang dan putri 33 orang,” tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Polman, M Natsir Rahmat berharap 75 putra putri pilihan ini dapat berlatih sunguh sungguh sehingga saat pelaksanaan tugasnya nanti bisa sukses.

“Kalian adalah siswa pilihan dari berbagai sekolah di Polman. Sehingga saya berharap berlatih serius mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Diklat Paskibraka. Siapkan fisik dan mental dan jaga kesehatan karena akan mengikuti latihan selama dua pekan. Ini tidak mudah tetapi saya yakin dapat dilewati dengan baik,” terang Natsir Rahmat.

Ia juga berharap calon Paskibraka ini meningkatkan kedisiplinan selama latihan yang nantinya akan menjadi bekal untuk masa depan.

Sementara Koordinator Pelatih Paskibraka Polman, Bripka Bagus Wahyono menambahkan 75 calon Paskibraka ini akan mengikuti latihan mulai 1 Agustus hingga 13 Agustus di Lapangan Pancasila Pekkabata. Kemudian akan dilakukan karantina selama empat hari mulai 14 Agustus hingga 17 Agustus di Hotel Sinar Mas Polewali. Selanjutnya pengukuhan Paskibraka diadakan Selasa 15 Agustus di Gedung Nusantara Gadis.

“Nantinya 75 calon paskibraka ini akan dibagi tiga kelompok yakni pasukan 17 sebagai pengiring bendera, pasukan 8 sebagai pembawa bendera dan pasukan 45 sebagai pengawal. Tapi saat ini belum ditentukan pasuka 17, pasukan 8 dan 45 , karena ini masih memulai latihan baris berbaris,” tandas Bagus yang juga anggota Satlantas Polres Polman ini. (mkb/jaf)

  • Bagikan