UT Majene Dorong Guru PAUD Membuat Alat Permainan Edukatif

  • Bagikan
Ketua Kelompok PKM UT Majene Syahrinullah mempraktikkan cara membuat alat peraga edukatif, di TK Fathinah Kabupaten Majene, beberapa waktu yang lalu. --rezkiamalia/radarsulbar--

MAJENE, RADARSULBAR.CO.ID –Universitas Terbuka (UT) Kabupaten Majene menaruh perhatian atas permasalahan pembelajaran anak usia dini, yakni terbatasnya pengunaan Alat Permainan Edukatif (APE)

Untuk itu melalui program pendanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Universitas Terbuka (UT) Majene melaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Kemampuan Guru PAUD dalam membuat APE.

Kegiatan ini dirancang berdasarkan kesepakatan dan kerja sama dengan mitra kepala sekolah dan guru TK Fathinah Kabupaten Majene

Tujuannya mendorong guru PAUD agar lebih kreatif menghadirkan APE dalam proses pembelajaran. Hal ini juga seiring dengan program merdeka belajar yang menuntut guru lebih kreatif dan inovatif.

Ketua Kelompok PKM UT Majene Syahrinullah menjelaskan, masalah keterbatasan APE terjadi karena sebagian besar guru menggunakan alat peraga buatan pabrik, dan tidak memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar.

“Padahal banyak sekali bahan alami yang ada di lingkungan sekolah, yang bisa dijadikan alat peraga yang bernilai edukatif,” kata Syahrinullah, Minggu 30 Juli 2023.

Kepala TK Fathinah Majene Aibah mengaku berterima kasih atas kehadiran PKM UT Majene memberikan ilmu terkait pembuatan APE,

“Kami mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah pembuatan media edukatif yang multiguna, dan ini sangat bermanfaat untuk kami para guru,” tutup Aibah. (eky/jaf)

  • Bagikan