Masyarakat Pasangkayu Antusias Kuliah di UT

  • Bagikan
Direktur UT Majene, Anfas, saat menggelar sosialisasi di Kabupaten Pasangkayu. (Foto: IST)

PASANGKAYU, RADARSULBAR.CO.ID –  Universitas Terbuka (UT) Majene terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat di seluruh wilayah Sulawesi Barat.

Hal ini dilakukan karena masih banyak masyarakat yang belum mengenal dengan baik tentang UT. Bahkan banyak yang masih berpikir kalau UT adalah Perguruan Tinggi Swasta.

“Setiap berkunjung ke daerah, selalu ada yang bertanya, apakah UT itu swasta atau negeri?” kata Anfas, Direktur UT Majene saat melakukan sosialissasi di Dinas Sosial dan Polres Kabupaten Pasangkayu, tanggal 13 hingga 14 Juli 2023.

Untuk itu, UT Majene tidak bosan-bosan melakukan sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat.

“Masyarakat perlu diberikan informasi bahwa di Indonesia ada yang namanya Universitas Terbuka atau UT, sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang diamanahkan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi jarak jauh, agar dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat di manapun mereka berada, baik di perkotaan hingga sampai pelosok daerah,” tambah Anfas.

Jadi dengan keberadaan UT sejak tahun 1984, tidak ada lagi alasan masyarakat untuk tidak mau kuliah. Kesempatan itu sudah terbuka luas, karena UT selalu menerima pendaftaran mahasiswa baru sepanjang tahun dengan kuota yang tak terbatas dan tanpa tes masuk, agar dapat menampung masyarakat yang ingin meningkatkan kompetensinya. Termasuk bagi para pekerja, pegawai negeri, swasta maupun anggota Polri.

“Alhamdulillah dua hari ini (Tanggal 13 hingga 14 Juli 2023, red) UT kembali melakukan sosialisasi di Kantor Dinas Sosial dan Polres Pasangkayu. Kami berterimakasih sudah diterima dengan baik oleh Ibu kepala Dinas Sosial dan Kabag SDM Polres Pasangkayu. Setelah kami jelaskan tentang fleksibilitas belajar di UT, banyak pegawai dan anggota Polri yang tertarik untuk kuliah di UT,” terang Anfas.

“Bahkan Kepala Dinas Sosial, ibu Elsi, SE, MAP pun tertarik untuk daftar di UT, melanjutkan studi doktoralnya,” lanjutnya.

Di UT saat ini sudah tersedia 43 program studi, mulai dari program diploma, sarjana, magister hingga doktoral. Sehingga siswa yang baru lulus SLTA maupun mereka yang sudah bekerja dapat melanjutkan studi di UT di berbagai jenjang pendidikan yang telah disediakan. (***)

  • Bagikan