Pertengahan Oktober, Chip Intel Core Generasi ke-14 Bakal Diluncurkan

  • Bagikan
Ilustrasi: Chip Intel generasi 14 dikabarkan bakal rilis pertengahan Oktober. --Dok. CPU Ninja--

RADARSULBAR.CO.ID – Seri Intel Core Generasi ke-14 dilaporkan akan diluncurkan pada pertengahan Oktober. Hal ini memgacu pada laporan outlet media Tiongkok bernama Enthusiastic Citizen (ECSM).

Diketahui, sumber tersebut memiliki rekam jejak membocorkan rencana pembuat CPU sebelum dipublikasikan. Menurut ESCM, peluncuran akan terjadi pada minggu ke-42 tahun ini, antara 17 Oktober dan 23 Oktober.

Laporan tersebut didasarkan pada roadmap Intel yang belum dirilis. Selain itu, buat para hardware enthusiast, jadwal peluncuran seri Core Generasi ke-14 akan mengikuti pola pemisahan model Core-K dan non-K yang biasa.

Bicara spesifikasi, prosesor generasi anyar ini kabarnya akan bekerja dengan semua motherboard LGA1700 yang memiliki BIOS terbaru, kecuali Core i7-14700K yang akan datang. Prosesor ini akan menggunakan konfigurasi baru 8 Performance dan 12 Efficient core yang mungkin membutuhkan firmware baru.

ECSM juga menyebutkan platform desktop generasi berikutnya yang disebut Arrow Lake. Ini akan membawa pembaruan nyata untuk seri desktop Intel dengan desain yang sama sekali baru dan soket yang berbeda, kemungkinan LGA-1851.

Laporan tersebut mencantumkan chipset motherboard Intel Z890, B860, dan H810 sebagai opsi yang memungkinkan. Sayangnya, dalam daftar tidak menampilkan rencana untuk motherboard H870.

Sebelumnya diketahui, Intel telah mencocokkan penamaan dan platform produk Core konsumennya dengan AMD: Core 3/5/7/9 vs. Ryzen 3/5/7/9 dan Z890/B860/H810 vs. X670/B650/B620.

Menariknya, outlet media yang sama melaporkan tahun lalu bahwa Core Generasi ke-13 “Raptor Lake” akan diluncurkan pada pertengahan Oktober, setelah pengungkapan yang direncanakan pada bulan September.

Ini ternyata benar, dan para penggemar atau mereka yang senang ngoprek tampaknya mulai akrab dengan prediksi sumber tersebut karena Intel tampaknya mengikuti siklus pembaruan tahunan yang hampir sama dengan tahun sebelumnya.

Peluncuran seri Core Generasi ke-14 akan menghadirkan fitur-fitur baru yang menarik untuk CPU desktop Intel. Seperti peningkatan performa, efisiensi, dan soket yang berbeda.

Dengan Arrow Lake, Intel akan memperkenalkan pembaruan nyata untuk seri desktopnya dengan desain yang sama sekali baru. Penggemar dan pengguna sama-sama akan bersemangat untuk melihat apa yang Intel siapkan untuk mereka dengan peluncuran yang akan datang. (jpg)

  • Bagikan