Bersama Lawan Dengue dengan Pemberantasan Jentik Nyamuk 

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang dapat menyebabkan kematian. Disebabkan oleh virus dengue yang menginfeksi bagian tubuh dan sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes. 

Gejala yang paling umum adalah Demam, Mual, Muntah, Ruam, dan Nyeri Sendi.

Situasi Kasus DBD Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat dari 6 Kabupaten tahun 2023 sampai dengan Juni seiring dengan intensitas curah hujan dilaporkan sebanyak 402 Kasus dan 3 Kasus Meninggal (IR-28/100.000 penduduk, CFR 0,75 %).  

Oleh karena itu untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap kemungkinan meningkatnya kasus DBD pada bulan berikutnya Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh, memberikan arahan untuk meningkatkan kewaspadaan dini, dengan mendorong upaya penggerakan masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui kegiatan menguras, menutup dan memanfaatkan kembali barang bekas, plus mencegah gigitan nyamuk (3M+) dengan cara mengimplementasikan Gerakan Jumat Bersih dan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J).

Upaya tersebut harus dilakukan serentak di masyarakat misalnya dengan melalui Gerakan Jumat Bersih karena sangat efektif apabila dilaksanakan setiap minggunya sesuai dengan siklus hidup jentik nyamuk di air dan seiring dengan datangnya musim hujan menambah banyaknya genangan air untuk tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk. 

Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat agar meningkatkan kesadaran sehingga disetiap rumah ada anggota keluarganya melakukan pemantauan jentik atau Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik.

Pemahaman bahwa foging atau pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa merupakan upaya yang efektif untuk mengurangi populasi nyamuk pembawa virus DBD perlu di rubah karena sebelum menjadi nyamuk dewasa yang terbang membawa virus ke dalam rumah, sekolah dan pemukiman terlebih dahulu akan bertelur 100 sampai 300 telur, menetas dan menjadi jentik di genangan air. Oleh karena itu Foging tanpa PSN menjadi hal yang kurang efektif akan tetapi PSN tanpa Foging akan efektif karena nyamuk tidak akan dapat bertelur dan berkembangbiak menjadi jentik. Bersama Lawan Dengue dengan Pemberantasan Jentik Nyamuk Sebelum Terbang. (adv)

  • Bagikan