7.510 CJH Berangkat ke Saudi Hari Pertama, Panas Capai 41 Derajat Celsius Sambut Jamaah Haji

  • Bagikan
SEMOGA MABRUR: Marwah, CJH asal Bangkalan, didampingi putranya, Abdul Hamid, menempui pengantar di Asrama Haji Embarkasi Surabaya kemarin. --Dok Jawa Pos--

JAKARTA, RADARSULBAR.CO.ID – Misi pengiriman jamaah haji 2023 resmi dimulai. Dini hari tadi (24/5) pukul 00.30, kloter pertama dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) mengawali penerbangan dari Jakarta menuju Madinah.

Kloter JKG 01 terdiri atas 385 jamaah asal dari Jakarta Selatan.

Jamaah tertua berumur 82 tahun dan termuda 24 tahun. ”Total, ada 19 kloter dari sembilan embarkasi yang memulai penerbangan pada 24 Mei,” kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Fauzin di Asrama Haji Pondok Gede kemarin (23/5).

Embarkasi Solo dan Jakarta Pondok Gede menjadi yang terbanyak. Masing-masing menerbangkan empat kloter. Kemudian, embarkasi Surabaya memberangkatkan tiga kloter. Embarkasi lainnya hanya satu atau dua kloter. Total 7.510 calon jamaah haji (CJH) berangkat pada penerbangan hari pertama.

Setiba di Saudi, Fauzin mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan. Mengingat, cuaca panas saat ini tercatat mencapai 41 derajat Celsius. Suhu tersebut terbilang panas bagi masyarakat Indonesia. Rata-rata panas di Indonesia di kisaran 30 derajat Celsius. Sementara itu, pada kondisi tertentu, cuaca panas di Madinah atau Makkah bisa mencapai hampir 50 derajat Celsius.

Dia mengingatkan masa haji masih sangat panjang. Jamaah diminta tidak memforsir tenaga dengan berlebihan. Sebab, setelah berada di Madinah selama sembilan hari, jamaah akan menempuh perjalanan darat selama lima jam menuju Makkah. Di Makkah, jamaah mulai beraktivitas di Masjidilharam dengan suhu yang juga terik. ”Istirahat cukup dan makan tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, petugas haji daerah kerja (daker) bandara dan daker Madinah sudah siap menyambut kedatangan jamaah haji. Petugas daker bandara bersiap di empat terminal di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.

  • Bagikan