Tim Abdimas UT Bantu Wujudkan RKP Desa Berbasis SDGs di Pamboang

  • Bagikan
Tim Abdimas UT Majene Saddam Husain Tamrin (samping kanan) menyerahkan souvenir kepada Kepala Desa Betteng, Sultan usai kegiatan sosialisasi, di Kantor Desa Betteng Kecamatan Pamboang Majene, Jumat 12 Mei 2023. --reski/radarsulbar.co.id--

MAJENE, RADARSULBAR.CO.ID — Dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, Dosen Universitas Terbuka (UT) Majene melakukan sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) yang diikuti oleh perangkat Desa Betteng, Kecamatan Pamboang, Jumat 12 Mei 2023.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya tim abdimas UT Majene dalam memfasilitasi penyusunan rencana kerja pemerintah desa untuk pencapaian SDGs, sesuai dengan Peraturan Pesiden no 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kepala Desa Betteng Sultan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim abdimas UT yang telah memilih Desa Bertengkar menjadi lokasi PKM, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan membantu desa dalam proses perencanaan.

“Tentu ini akan membantu kami dalam perencanaan, demi mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di desa kami” kata Sultan.

Sementara itu Tim Abdimas UT Majene Saddam Husain Tamrin mengharapkan, semua aparat desa harus memahami tujuan SDGs yang terdiri dari 17 poin tujuan pembagunan berkelanjutan.

“Dalam SDGs ada 17 poin tapi kami berharap beberapa poin seperti pemberantasan kemiskinan, pendidikan desa, bisa difokuskan dan dilakukan secara bertahap, dengan target beberapa tahun ke depan” ujar Saddam.

Muhammad Sajidin dalam materi sosialisasinya menekankan pentingnya data dalam perencanaan pembangunan. Menurutnya, dalam proses perencanaan, mengumpulkan data desa merupakan hal yang penting.

“Agar pemerintah desa bisa mengidentifikasi, apa yang menjadi kekurangan maupun potensi desa, sehingga dalam proses perencanaan, mampu menargetkan menyelesaikan tujuan SDGs dalam waktu lima tahun ke depan,” ujar Sajidin.

Pada tahap selanjutnya, tim abdimas UT Majene akan melakukan pendampingan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Betteng bersama dengan tim penyusun. diharapkan pada akhir kegiatan abdimas akan menghasilkan RKP desa yang berbasis SDGs. (m5/jaf)

  • Bagikan