Dinas Ketapang Dorong Sertifikasi Tiga Produk Lokal Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID — UPTD Balai Sertifikasi dan Pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Sulbar mendorong sertifikasi tiga produk lokal Sulbar, melalui Rapat Komisi Teknis Sertifikasi Prima 3, yang digelar di Rumah Makan Nina’s, Jl. RE Martadinata, Mamuju, Selasa, 28 Maret 2023.

Kepala Dinas Ketapang Sulbar Abdul Waris Bestari menyebutkan, tiga produk lokal yang diupayakan mendapat sertifikasi, yakni Kelengkeng, Pepaya dan Loka Pere.

“Kita mengharapkan komoditas yang sudah disertifikasi bisa bersaing masuk di pasar retail modern. Inilah menjadi pekerjaan utama kita karena produk lokal Sulbar belum ada masuk di retail modern,”kata Waris.

Abdul Waris berharap, pemerintah kabupaten turut menjadi fasilitator antara pasar retail modern dan pelaku usaha UMKM, sebab diyakini produk pangan lokal Sulbar bisa menjadi daya saing.

“Selama ini pelaku usaha UMKM kita hanya bermain di pasar tradisional, padahal secara administrasi kita sudah terpenuhi,”tuturnya

“Enam kabupaten yang ada harus memperbanyak budidaya tanaman seperti hortikultura dan juga pelaku Usaha UMKM, guna mendorong pertumbuhan daya saing,”sambungnya

Demi memajukan pangan di Sulbar, Abdul Waris menekankan perlu membangun kolaborasi pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi untuk kerja kolektif. (jaf)

  • Bagikan