Desa Batupanga Da’ala Terima Bantuan Lewat Program Kampung Zakat

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — Desa Batupanga Da’ala Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar mendapat bantuan Rp100 juta dari Yayasan Assalam Fill Alamin dari Jakarta.

Bantuan itu sebagai tindak lanjut kerja sama yang dibangun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Polewali Mandar, dalam program pengembangan Kamlung Zakat. Bantuan diserahkan pada rapat koordinasi Pengembangan kampung zakat, Selasa 21 Maret 2023.

Kakan Kemenag Polman Imran K Kesa menyampaikan, zakat merupakan kewajiban setiap Ummat Islam yang merupakan salah satu rukun Islam ke tiga yang wajib dilaksanakan,

“Keislaman seseorang akan dipertanyakan apabila tidak menjalankan rukun Islam dan zakat ini adalah salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, pembemtukan kampumg zakat ini adalah upaya Kemeng dalam memasayarakatkan zakat sampai ke pelosok negeri sehingga setiap daerah membentuk dua sampai tiga Desa sebagai kampung zakat.

“Kampung zakat ini diharapkan jadi contoh bgi masyarakat untuk bisa ada sadar zakat di Indonesia disetiap daerah, kami harapkan kedepan setiap lembaga dan kepala keluarga agar memiliki kesadaran dalam membayar zakat,” jelas Kepala Kemenag Polman Imran K Kesa.

Ia berharap masyarakat yang memiliki banyak harta dapat melaksanakan pembayaran zakat di lembaga resmi seperti Baznas yang memiliki Unit Pengelola Zakat (UPZ) diringkat Desa yang kemudian akan diberikan kepada delapan kelompok masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan dari zakat.

Ia juga menyampaikan, Sejak Januari tahun ini Desa Batupanga Da’ala ditetapkan sebagai Kampung zakat dan sudah di SK kan.

“Awalnya Kepala Desa nya bermohon menjadi kampung zakat setelah itu kami tinjau melihat potensinya, kami melihat ada banyak ternak dan tanaman pisang sehingga kami usul ke pusat dan mendapatkan bantuan dari pusat,” jelasnya.

Program kampung zakat di Batupanga Da’ala yakni penggemukan sapi dan usaha keripik pisang, program ini akan dipantau oleh Kemenag. Imran berharap kedepan berjalan sukses sehingga masyarakat yang sebelumnya mustahik atau penerima bantun bisa menjadi musakki atau pemberi bantuan.

Terpisah, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Polewali Mandar H. Nurrachman menyampaikan, kampung zakat ini terbentuk atas usulan Baznas Polman dan tahun ini kampung zakat ini mendapat bantuan dari Yayasan Assalam Fill Alamin Rp100 juta yang dipimpin oleh Mantan Wakapolri Bapak Syafruddin Kambo.

“Di Sulbar hanya ada lima Kabupaten yang dpoat bantuan ini dan Alhamdulillah Polman dapat Rp. 100 juta dengan usulan program penggemukan kambing, sapi dan uaaha kripik pisang,” jelas Ketua Baznas Polman Nurrachman.

Lanjutnya, dananya sudah masuk pada bulan Februari lalu ke rekening kami dan kami tidak tahu kenapa kami diberi kepercayaan untuk menyimpan dananya dan rencananya kami akan minta pengelola kampung zakat di Batupanga Da’ala agar membuat rekening di Bank BSI lalu kami transfer ke rekening tersebut.Ia berharap kampung zakat dapat berjalan demgan baik dibawah bimbingan Kemenag karena kampung zkat terdiri dari beberapa elemen yang bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat. (arf/jaf)

  • Bagikan