Pengawas dan Guru Madrasah Kemenag Polman Bantu Perbaikan MI Hikmat Al Ikhsan

  • Bagikan

POLEWALI, RADARSULBAR. CO.ID — Kondisi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hikmat Al Ikhsan Kalimbua Kelurahan Batupanga Kecamatan Luyo memperihatinkan.

Kondisi bangunan yang berdiri sejak 1013 itu memiliki ruang kelas berukuran 6 x 9 meter yang dibagi menjadi tiga ruang kelas hanya berdinding papan dan beralaskan tanah.

Untuk itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Polewali Mandar menghimpun dana Infaq guru ASN dan Pengawas serta beberapa orang staf Kemenag Polman guna membantu perbaikan sekolah tersebut.

“Setiap bulannya menginfaqkan Rp. 50 ribu yang kemudian setiap bulannya terkumpul Rp. 40 juta,” kata Kepala Kantor Kemenag Polman Imran K Kesa.

Setiap bulannya dana ini diberikan kepada sekolah yang membutuhkan bantuan, sekolah yang mendapatkan bantuan ada empat persyaratan yakni memiliki jumlah siswa yang banyak, laporan dana bosnya ada, legalitas lahannya ada dan fasilitas sekolah yang kurang memadai.

Sejak di luncurkan, program pengawas dan guru berbagi ini telah menyasar lima madrasah di Polman yang tersebar di berbagai Kecamatan di Polman.

Kepala MI Hikmat Al Ikhsan menyampaikan, Madrasah ini didirikan sejak tahun 2013 dan baru satu kali menerima bantuan yakni satu bangunan gedung yang dijadikan sebagai ruang guru dan juga ruang kelas bagi siswa kelas I karena jumlah mereka lebih banyak.

“Bangunan kelas yang masih beralaskan tanah ini terdiri dari tiga ruang kelas diisi tingkatan berbeda, dalam satu petak ada yang tujuh siswa, dan tujuh siswa,” terang Kepala MI Hikmat Al Ikhsan Muliadi.

Jumlah siswa MI berjumlah 63 orang siswa dengan jumlah tenaga pelajar 13 orang. Dengan adanya bantuan tersebut ia berharap ada perhatian dari Pemda setelah adanya bantauan dari program Pengawas dan guru berbagi.

Ia juga berharap program guru berbagi ini bisa terus eksis agar semua madrasah di Polman bisa mendapatkan bantuan. Ditempat yang sama,

Ketua Yayasan MI Hikmah Al Ikhsan Marendeng Kalimbua Sabriani mengatakan, jumlah siswa saat pertamakali dibuka berjumlah 45 orang dan bangunan sejak berdiri 2013 baru satu kali dapat bantuan Pemerintah yakni ditahun 2014 untuk bangunan permanen.

Penyerahan bantuan uang sumbangan dari Pengawas dan guru-guru Kemenag Polman ini diserahkan oleh Kepala Kantor Kemenag Polman Imran K Kesa dihadiri Lurah Batupanga Darmawati lurah Batupanga, Kasi Madrasah Laupa, guru serta tokoh masyarakat setempat.(arf/jaf)

  • Bagikan