Pengurusan Izin Kapal Dikeluhkan, Suraidah Minta DKP Beri Kepastian Bagi Nelayan

  • Bagikan
Ketua DPRD Sulbar St Suraidah Suhardi

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID –Pengurusan izin kapal di Sulbar kembali dikeluhkan. Dinilai Berbelit-belit dan tidak memberikan kepastian kepada nelayan.

Hal ini menjadi kendala bagi nelayan dalam melakukan aktifitas melaut. Disisi lain nelayan terdesak dengan kebutuhan sehari-hari mereka.

Untuk itu, Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi dalam menerima aspirasi itu berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menyikapi permasalahan tersebut.

“Diharapkan OPD bersangkutan bisa memfasilitasi apa yang menjadi kendala nelayan ini,” ujar Suraidah, Minggu 5 Maret 2023.

Legislator Partai Demokrat ini juga membeberkan, sejumlah nelayan di Sulbar kini telah beralih ke daerah lain untuk mendapatkan atau mengurus izin kapal mereka. Hal ini menjadi tolak ukur kurangnya kepercayaan nelayan terhadap pelayanan di daerah.

“Sekarang masyarakat lari ke Sinjai, Bone, Sidrap untuk pembuatan surat kapal karna lebih mudah,” ujar Suraidah.

Dijelaskan, untuk pengurusan izin kapal di atas 5 GT sudah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, disisi lain dalam proses pengurusan tersebut membuat nelayan harus menunggu sampai berbulan-bulan.(jaf)

  • Bagikan