Komedian Nunung Idap Kanker Payudara Stadium 2A, Tidak Boleh Makan Daging

  • Bagikan
Tri Retno Prayudati atau yang akrab disapa Nunung.

JAKARTA, RADAR SULBAR – Hasil pemeriksaan medis dari komedian Tri Retno Prayudati atau yang akrab disapa Nunung terkait kanker payudara sudah keluar akhir pekan lalu.

Hasilnya, pelawak dari grup Srimulat itu mengalami kanker payudara stadium 2A.

“Hasilnya memang arahnya ke sana, stadium 2A. Kemarin dengar infonya seperti itu dari anakku yang lagi dekat sama Mami Nunung,” kata Nunik, adik dari pelawak Nunung kepada JawaPos.com, Senin (6/2).

Nunung berusaha mengikuti anjuran dari dokter setelah dinyatakan mengidap kanker payudara.

Salah satu yang diminta untuk dihindari sementara waktu adalah mengonsumsi makanan daging.

“Sekarang makan sehat, banyak minum jus dan nggak boleh makan daging,” kata Nunung saat ditemui di bilangan Mampang Jakarta Selatan, Senin (6/2).

Dia pun bersyukur memiliki keluarga yang memang memiliki pekerjaan membuatkan makanan khusus untuk para penderita penyakit kanker.

Nunung pun setiap hari dibuatkan makanan sehat olehnya. “Aku dibuatin makanan sama keponakanku itu,” akunya.

Terkait pola makan, sahabat Andre Taulany dan Sule itu mengakui pola makannya memang tidak terlalu bagus selama ini. Nunung tidak terlalu konsisten dalam penerapan pola hidup sehat. Pola makan yang sembarangan ini juga diduga menjadi pemicu risiko kanker meskipun Nunung sendiri memiliki genetik dari keluarga penderita kanker.

“Untuk makan daging, aku sebenarnya paling hobi. Tapi setelah adanya ini, sama anak-anak, cucu, aku kadang suka membatasi biar tidak kayak aku. Cukup aku saja yang mengalami,” katanya.

Terkait masalah pekerjaan, Nunung mengaku tidak diberikan batasan khusus oleh dokter selagi dia memang mampu untuk menjalaninya dan pekerjaan itu membuatnya senang bahagia. Sejauh ini, Nunung mengaku aktivitas dan pekerjaannya akan berjalan normal seperti biasa.

“Aku Senin sampai Jumat ada kerjaan. Mengurangi pekerjaan nggak, lebih ke harus makan sehat saja sih yang dianjurkan.”

Dia juga mengatakan, sejumlah sahabat memberikan dukungan penuh untuk Nunung setelah mereka mengetahu kabar tak sedap dia menderita kanker payudara, sebagaimana ramai dalam pemberitaan media. Banyak dari mereka mengirimkan pesan via WhatsApp berisi untaian doa untuk kesembuhan Nunung.

“Teman-teman Srimulat mereka yang pertama. Mereka dukungannya sangat luar biasa buat aku,” ungkap Nunung.

Awalnya dia mengakui sedih saat baru mengetahui mengidap penyakit kanker payudara berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Seiring berjalannya waktu, Nunung yang awalnya sedih berusaha mengubah emosinya lewat proses penerimaan diri. Dia berusaha menerima kenyataan dengan memasrahkan sepenuhnya kepada Tuhan. Dia pun memiliki keyakinan Tuhan akan memberikan jalan terbaik untuknya. (jpg)

  • Bagikan