IKA Bangun Kerjasama Dirikan Kampus Unhas dan Galangan Kapal di Batam

  • Bagikan
Rektor Unhas dan Pengurus Pusat IKA foto bersama pada malam Temu Alumni di Batam. --IST--

BATAM, RADARSULBAR — Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Unhas mendirikan Kampus Unhas di Batam, Kepulauan Riau. IKA Unhas pun bekerjasama dengan BP Batam merancang galangan kapal (shipyard)

Sekretaris Jenderal IKA Unhas, Yusran Jusuf mengatakan keterlibatan IKA Unhas dalam pembangunan kampus Unhas, mengingat potensi alumni yang tergabung di IKA Unhas sangat besar. Potensi alumni di Batam, katanya sangat besar, sambil mencontohkan keberadaan Sudirman Saad yang saat ini menjabat sebagai Deputi BP Batam, yang juga anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam.

Sementara gagasan membangun shipyard untuk melayani kebutuhan dan banyaknya permintaan kapal tongkang maupun kapal yang besar.

Menurutya, Sudirman Saad selaku Deputi BP Batam dapat menjembatani dalam mengkolaborasikan kedua rencana tersebut.

”Apalagi Pak SS (Sudirman Saad) sangat akrab dengan Wali kota yang juga sebagai Ketua BP Batam,” kata Yusran, Minggu 18 September 2022.

Apalagi kata Yusran, rencana tersebut bakal mendapat dukungan dari Kapolda Batam Irjen Pol Aris Budiman

”Saya yakin Kapolda, Wali kota, Rektor Unhas dan masyarakat Batam, terutama asal Sulsel akan turut serta mempercepat terwujudnya rencana tersebut,” kata Sekjen.

Seperti diketahui pada malam ramahtamah juga dilakukan penandatanganan MoU antara Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa dan Kepala BP Batam Muhammad Rudi sekaitan rencana Unhas menghadirkan kampus baru di kota Batam.

Penandatanganan MoU disaksikan lebih 300-an lebih undangan yang menghadiri Temu Alumni IKA Universitas Hasanuddin Kepulauan Riau, di hotel Best Western Panbil, Sabtu 17 September malam.

Menurut Rektor langkah untuk menghadirkan kampus Unhas di Batam, telah mendapat persetujuan dari walikota Batam yang juga kepala BP Batam.

“Saya kira ini tidak sulit, deputi tiga BP Batam, Pak Sudirman Saad adalah alumni dan juga dosen aktif Fakultas hukum Unhas,” ungkap Jamaluddin.

Rencana pendirian kampus baru Unhas di Batam dan gagasan shipyard disejalankan dengan pembentukan pengurus IKA Unhas Kepri. (*)

  • Bagikan