Festival Sandeq Menyongsong Haornas, Menpora: Bangkitkan Sport Tourism Indonesia

  • Bagikan

BALIKPAPAN, RADARSULBAR — Festival Sandeq 2022 telah berhasil digelar dan sekaligus menyongsong Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Balikpapan, Jumat 9 September 2022.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali hadir mewakili Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulbar yang sukses menggelar festival Sandeq. Dan menurutnya event tersebut telah membangkitkan Sport Tourism di Indonesia.

“Ini adalah sport torurism, para Passandeq kalau fisiknya tidak kuat dia tidak akan tiba di pantai Manggar ini. Tentu kami mengapresiasi atas Pemda yang mulai menggairahkan kehidupan sport tourism,” ujar Zainuddin, pada Puncak Festival Sandeq di Pantai Manggar, Kota Balikpapan, Jumat 9 September 2022.

Lanjut Zainuddin, mengatakan Festival Sandeq layak dicontoh bagi daerah lain. Alasannya, telah membuktikan sebagai daerah kecil telah mampu menghadirkan kegiatan di tengah kondisi anggaran terbatas.

Apalagi, pelaksanaan Festival Sandeq dipercepat atas tantangan dari Menpora. Dan itu disanggupi hingga terbukti 7 September berlabuh di Pantai Manggar, bahkan dalam pelaksanaannya tanpa membebani APBD maupun APBN.

“Itu karena nyalinya besar, punya kekuatan fisik dan maka perjalanan mengarungi laut mereka tiba di pantai Manggar ini. ” ujar Zainuddin. Karenanya ia pun menilai Festival Sandeq menjadi inspirasi serta layak menjadi contoh bagi daerah lain.

Lanjut Menpora, berharap melalui Festival Sandeq ini telah memperkuat komitmen mendukung pembangunan IKN. Dijelaskan. Tujuan IKN untuk pemerataan pembanguna.

“Agar tidak ada lagi jawasentris. IKN di tempatkan di Kaltim yang berada di tengah sehingga terlayani semua,” ungkapnya.

Pj. Gubernur Sulbar Akmal Malik menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak. Termasuk kerjasama dari passandeq yang turut menyukseskan Festival Sandeq.

“Tanpa dukungan dari semua sponsor, walikota Balikpapan dan kerjasama semua passandeq kegiatan ini tidak dapat berjalan,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan Festival Sandeq akan kembali digelar atas panggilan dari daerah lain.

Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud berterima kasih atas gagasan Festival Sandeq yang digelar beberapa hari di Balikpapan. Menurutnya event tersebut menjadi momen menumbuhkan semangat generasi mencintai laut.

“Momentum ini menumbuhkan semangat kami, khususnya generasi kita untuk cinta kepada laut,” ungkapnya. (jaf)

  • Bagikan