Festival Sandeq Meriahkan Haornas dan Pererat Hubungan Sulbar-Balikpapan Sebagai Daerah Penyangga IKN

  • Bagikan
FOTO BERSAMA. Panitia Festival Sandeq dan Pemkot Balikpapan foto bersama (salam paccong/ salam sandeq) di Pantai Lamaru, Balikpapan, Rabu 7 September 2022. --imran jafar/radarsulbar--

BALIKPAPAN, RADARSULBAR — Festival Sandeq 2022 menjadi bagian dari pelaksanaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022 yang digelar di Balikpapan, Jumat 9 September 2022.

Festival Sandeq sendiri yang digelar sejak 31 Agustus telah tiba di Pantai Lamaru Balikpapan 7 September, penerimaan passandeq ditandai dengan dilakukan seserahan oleh Gubernur beserta Bupati kepada Walikota Balikpapan dan Gubernur Kaltim.

Dilanjutkan Sulbar Expo untuk memperkenalkan produk lokal Sulbar ke IKN, pada 8 September. Lalu dilanjutkan dengan menghadirkan perwakilan dari pemerintah provini dari Jawa, Sulawesi, Papua, Kalimantan, dan Sumatera memberikan seserahan kepada Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Kepala Dinas Pendapatan Balikpapan Idham mengaku turut mengapresiasi Festival Sandeq 2022. Ia pun mengaku takjub dengan perahu sandeq yang baru saja melintasi Selat Makassar.

“Kapal sandeq asal mandar luar bisa mengarungi samudera,” katanya.

Kata Idham, Festival Sandeq selain menjadi pelengkap memeriahkan Haornas, festival Sandeq juga menghidupkan sejumlah sektor jelang Haornas, mulai dari pengunjung wisata, meningkatnya hunian kamar hotel, termasuk pendapatan bagi UMKM.

Karenanya, lanjut Idham, dibawah perintah Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud sangat mendukunv Festival Sandeq. Serta memberikan pelayanan atas kebutuhan Pantia Festival Sandeq.

“Kami sambut dengan luar biasa dan kami siap mensupport,” ujar Idham saat ditemui di lokasi penyambutan Peserta Festival Sandeq, Pantai Lamaru, Balikpapan, Rabu 7 September 2022.

Lanjut Idham, melalui Festival Sandeq juga mempererat hubungan dua provinsi, Balikpapan dan Sulbar, sebagai penyangga mendukung pembangunan IKN. (jaf)

  • Bagikan