Taklukkan Tanjung Ngalo, Cahaya Mandar Juara Etape Terakhir Lomba Sandeq

  • Bagikan
Perahu Cahaya Mandar berhasil finish pertama pada etape terakhir Lomba Sandeq 2022.--Foto Muhammad Ridwan Alimuddin--

MAMUJU, RADARSULBAR – Cahaya Mandar keluar sebagai juara etape IV Deking-Mamuju, pada lomba sandeq Festival Sandeq 2022, Sabtu 3 September 2022.

Diketahui 35 perahu sandeq yang berlayar 28 peserta diantaranya mengikuti lomba Perahu Sandeq. Perlombaan dimulai dari Etape I Tanjung Silopo Polman-Pantai Banggae.

Dilanjutkan Etape ke II Pantai Banggae-Palipi Majene, Etape III dari Palipi ke Pantai Deking, Etape IV dari Deking ke Pantai Manakarra Mamuju.

Panitia Festival Sandeq Ridwan Alimuddin menjelaskan, yang menjadi tantangan di Etape ini adalah saat melintasi Tanjung Ngalo, passandeq harus melawan arah angin.
“Angin dari Utara sementara arah passandeq juga ke Utara,” ujar Ridwan.

Meski begitu, passandeq tidak kehilangan strategi menghadapi rintangan itu. Diketahui pula beberapa passandeq harus ditarik oleh perahu pattonda (perahu pendamping).
“Ada tiga perahu ditonda, kita belum tahu apa kendalanya,” ujar Ridwan.

Selanjutnya 35 perahu sandeq akan berlayar melintasi Selat Makassar menuju Pulau Ambo- Pulau Salissingan, dan Tiba di Pantai Manggar Kalimantan Timur pada 7 September.

Pertunjukan Perahu Sandeq akan kembali digelar pada 9 September di Balikpapan Superblock, disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo. (jaf)

  • Bagikan