Jokowi Bakal Sambut Festival Sandeq, Panitia Segera Rampungkan Persiapan

  • Bagikan
PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik, bersama Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar dan Wakil Bupati Majene Arismunandar pada Rapat Festival Sandeq di Majene, Minggu malam 14 Agustus 2022--imran jafar/radar

MAJENE, RADARSULBAR — Presiden RI Joko Widodo bakal menyambut 34 Perahu Sandeq yang akan finish di Manggar Kalimantan Timur.

Hal itu dibeberkan Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik. Kata dia, kehadiran Presiden dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Balikpapan. Setelah itu menyambut Festival Sandeq.

“Presiden hadir dalam rangka Haornas. Dan setelahnya nanti akan menyambut passandeq.
Ini hal yang masih didiskusikan sebab masih ada dana tambahan untuk melaksanakan finish di BSB (Pantai Balikpapan Superblock),” ujar Akmal pada Rapat Festival Sandeq 2022,di Majene, Minggu malam 14 Agustus 2022.

Atas dasar itu, Akmal meminta seluruh panitia memaksimalkan persiapan sehingga Festival Sandeq dapat diselenggarakan mulai 31 Agustus dan finish 9 September. Dijelaskan, jadwal Festival Sandeq dirangkaikan dengan Haornas di Balikpapan, dengan begitu diperlukan kerja keras mempersiapkan perihal yang akan dilaksanaka di setiap etape.

Termasuk kegiatan kesenian dan penganggaran.
Dana yang diperlukan untuk event tersebut diperkirakan mencapai Rp4,7 miliar. Dan progresnya sudah 50 persen. Ia pun berterima kasih sebab adanya dukungan dari Wali Kota Balikpapan. Namun ia berharap setiap yang telibat tidak mengharapkan dari APBD. Baik Mamuju, Polman maupun Majene.

“Bergerak tanpa APBD seperti Sandeq tak perlu mesin, bisa berlayar mengarungi samudera dengan menggunakam angin, terpenting kuncinya adalah kolaborasi ” ujar Akmal.

Kata Akmal, nantinya dana yang akan dihimpun lebih dari keperluan untuk event Festival Sandeq, sebab ia menginginkkan sisa dari dana event disumbangkan untuk melahirkan Yayasan Sandeq di Sulbar.

Tiga perwakilan kabupaten, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, Wakil Bupati Majene Arismunandar, dan Bupati Mamuju Sutinah Suhardi siap mendukung Festival Sandeq. (jaf)

  • Bagikan