Gerindra-PKB Resmi Koalisi, Prabowo Ingin Raup Suara NU di Pemilu 2024

  • Bagikan
Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membangun kerja sama politik dalam menghadapi Pemilu 2024. --Foto: Dery Ridwansah/Jawa Pos--

BOGOR, RADARSULBAR – Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membangun kerja sama politik dalam menghadapi Pemilu 2024. Hal ini ditandai dengan penandatanganan piagam kerja sama politik dalam puncak hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Deklarasi kerja sama politik antara Partai Gerindra dan PKB ini ditandai dengan piagam kerja sama politik yang ditandatangani Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Dalam pidato di hadapan ribuan kader Partai Gerindra dan PKB, Prabowo Subianto memuji eksistensi ormas Nahdlatul Ulama (NU) yang dinilai proaktif dan hadir pada setiap lini kehidupan, termasuk politik praktis. Bahkan kini, mantan Rais Aam PBNU Ma’ruf Amin menjadi Wakil Presiden RI.

“Jadi saudara-saudara kita bersyukur kepempimpinan Pak Jokowi dan Prof KH Ma’ruf Amin. Kalau tidak salah beliau dari NU kan? Betul?” kata Prabowo di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

“Betul,” jawab ribuan kader dan simpatisan PKB dan Gerindra.

“NU ini hebat, siapa yang menang pasti ada NU-nya,” timpal Prabowo.

Prabowo lantas mengapresiasi eksistensi NU. Hal ini yang menjadi dasar ingin berkoalisi dengan PKB, mengingat banyak partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu bernapas NU.

“NU itu ada dimana-mana. Itulah kehebatan NU,” ujar Prabowo.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, koalisi antara PKB dan Gerindra karena memiliki cita-cita yang sama.

”PKB dan Gerindra merupakan dua kekuatan partai politik yang memiliki karakter, ideologi, dan semangat yang sama. Gerindra adalah partai nasionalis-agamis, PKB adalah partai agamis-nasionalis,” ungkap Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin mengatakan, kesamaan ideologi, gagasan dan cita-cita inilah yang merekatkan dan mendorong kedua partai untuk bersama-sama menyatukan tekad untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

“Tekad dan kebersamaan ini juga tertuang dalam tekad bersama kita, dimulainya pemilu dan tahapan-tahapannya, terutama insyaAllah 2024 kita akan rebut kekuasaan untuk kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia,” ujarnya.

Menurut Gus Muhaimin, kekuasaan bagi PKB dan Gerindra adalah alat yang paling efektif untuk menghadirkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, masyarakat, dan bangsa. Keduanya sepakat untuk bersama-sama maju menghadapi Pemilu 2024.

“Kerja sama yang telah ditandatangani hari ini adalah komitmen bersama, tekad bersama, kerja dan rencana bersama. Insya Allah kerja sama ini membawa kemaslahatan bagi rakyat dan bangsa Indonesia yang akan datang,” pungkas Gus Muhaimin. (jpg)

  • Bagikan