175 Hewan Kurban untuk Mamuju

  • Bagikan
HEWAN KURBAN. Bank Muamalat Cabang Mamuju bersama warga Graha Nusa II tahap I melakukan pemotongan hewan kurban di Masjid Hilyatul Aulia, Minggu 10 Juli 2022.--rezki amaliah/radarsulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR — Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mamuju mencatat 175 hewan kurban di Mamuju tahun ini. Terdiri atas 167 ekor sapi dan delapan ekor kambing.

Rincian hewan kurban tersebut yaitu 12 ekor sapi dari keluarga besar Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi, dua ekor sapi dari Sekkab Mamuju, Suaib Kamba, tiga ekor sapi bantuan Pemprov Sulbar, 17 ekor sapi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar dan satu ekor dari Ketua DPRD Mamuju, Azwar Anshari Habsi dan empat ekor dari Bank Muamalat Cabang Mamuju.

“Hewan kurban terbagi pada masjid-masjid dan perorangan. Sudah melalui pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih, untuk memastikan hewan tersebut terhindar dari PMK (Penyakit Mulut dan Kuku, red),” kata Ketua PHBI Mamuju, Muhammad Rusli Muis, di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Minggu 10 Juli 2022.

Jumlah hewan kurban tersebut, lanjutnya, berdasarkan pendataan dalam kota Mamuju. Informasi tersebut diekspose guna memudahkan masyarakat mendapatkan daging hewan kurban.

Mengenai pelaksanaan sholat idul adha yang di pusatkan di Anjungan Pantai Manakarra, Rusli mengatakan, berjalan lancar dan khidmat.

Ia berharap momentum hari raya tersebut bisa menjadi penyambung tali silaturahmi antar sesama ummat beragama. “Momentum ibadah kurban ini juga sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah,” jelas Rusli.

Kepala Bagian Tata Usaha (TU) Kanwil Kemenag Sulbar, Suharli menyampaikan, 17 ekor sapi Kanwil Kemenag Sulbar akan disembelih mulai hari ini, Senin 11 Juli. Penyembelihan berlangsung selama dua hari. Daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat dalam kota Mamuju.

“Kami bagikan kupon. Karena besan kurbanya banyak jadi tidak cukup waktu satu hari, kami target dua hari selesai,” ucap Suharli.

Branch Manager Bank Muamalat Cabang Mamuju, M. Asrul mengatakan, tahun ini pihaknya kembali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban bersama masyarakat di Masjid Hilyatul Aulia, di Komplek Graha Nusa II Tahap I.

Menurutnya penyembelihan hewan kurban tersebut sengaja dilakukan bersama warga setempat, untuk mempermudah pembagian daging kurban sekaligus mempererat silaturahmi.

“Untuk tahun ini ada empat hewan kurban yang kami sembelih. Ini rutin setiap tahunnya,” singkat Asrul. (rzk/jsm)

  • Bagikan