Bangun Kemandirian Ekonomi Dengan Prinsip ESG dalam CSR

  • Bagikan
Program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PKT dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga engagement perusahaan dengan stakeholder.

BONTANG—PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) terus mengedepankan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance). Terbukti berhasil menciptakan pertumbuhan usaha yang berkualitas hingga mampu membangun kemandirian ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan.

SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono mengatakan pihaknya intens melakukan pelatihan terhadap binaan PKT hingga berhasil mampu berkembang dan mandiri secara berkelanjutan.

Ia pun konsisten mengedukasi masyarakat sekitar agar memadukan kemampuan mendapatkan sumber pendapatan sambil mengelola dan meningkatkan kelestarian alam lingkungan sekitar.

“Tentu ke depan kami ingin terus melakukan pembinaan yang berkesinambungan agar kesejahteraan dan kemandirian bisa merata,” ungkapnya.

Dijelaskan, prinsip ESG sendiri sejalan dengan tujuan PKT dalam mendorong tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), sekaligus menguatkan peran PKT sebagai agen pembangunan.

Lebih lanjut ia mengaku, PKT sebagai perusahaan yang bermarkas di Bontang, terus memperkuat komitmen dalam meningkatkan produktivitas masyarakat maritim di kota tersebut.

Dengan konsisten mendorong program pengelolaan dan reduksi limbah, pengelolaan keanekaragaman hayati, hingga pengelolaan emisi. Termasuk program pendidikan.

Atas dasar itulah tiga binaan PKT tahun ini berhasil memasuki program exit strategy, yakni Budidaya tanaman obat keluarga oleh kelompok Makrifah Herbal, Inkubator Bisnis Permata Bunda dan LPK Suvi Training.

Selain itu, berdasarkan hasil survey kepuasan lingkungan tahun 2021, program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PKT dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga engagement perusahaan dengan stakeholder dengan nilai mencapai 89,62 persen.

VP TJSL PKT Anggono Wijaya menjelaskan melalui penerapan ISO 26000 SR dan juga Creating Shared Value (CSV) yang dilakukan, PKT terus mewujudkan masyarakat mandiri melalui berbagai inovasi program.

“Ke depan, PKT akan terus menjaga keberlanjutan perusahaan dan lingkungan dengan terus membangun ekosistem bisnis yang berfokus pada ESG secara konsisten guna menjaga keberlanjutan usaha masyarakat dalam jangka waktu panjang,” tutupnya ungkapnya. (*)

  • Bagikan