IKPS Promosikan Daerah Melalui Lukisan

  • Bagikan

MAMUJU – Kreativitas seniman dalam karya seni dapat dilihat dari dua sisi. Melahirkan karya yang belum pernah ada atau karya dengan kreasi dari suatu objek.

Hal itulah yang kemudian dipraktikkan pada seniman yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Perupa Sulawesi Barat (IKPS), saat menggelar kegiatan rutin melukis bersama di Kawasan Rumah Adat Mamuju, Minggu 13 Februari 2022.

Inisiator IKPS, Aad Mandar mengatakan, objek yang dilukis dalam kegiatan tersebut yakni berfokus pada Rumah Adat Mamuju. “Kita ingin mengeksplor Sulbar melalui karya lukis,” kata Aad, saat ditemui di Rumah Adat Mamuju.

Kegiatan tersebut, kata dia, merupakan agenda rutin yang digelar IKPS. Rencananya pekan depan bakal kembali dimulai di Taman Baca Karema, Mamuju.
“Kita kumpulkan perupa-perupa yang ada di Sulbar, untuk mengikuti event-event berikutnya. Tidak hanya di Mamuju, berbagai kabupaten juga di Sulbar,” tuturnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut bisa mencetak seniman-seniman lain yang di Sulbar. Sekaligus mempromosikan pariwisata dan kebudayaan daerah melalui karya tulis.

“Rencananya, selain melukis seperti ini, kita juga ingin membuat sebuah hal baru, misalnya instalasi, kemudian kolaborasi dengan kawan-kawan fotografer dan kontren creator lainnya,” ungkapnya.

Seniman Mamuju, Thamrin menyebutkan, kegiatan melukis bersama tentu menjadi tempat silaturahmi antara seniman di Mamuju, khususnya yang bergerak di bidang seni rupa. Termasuk menjadi wadah bagi seniman lain agar bisa terus berkreasi.
“Semoga semakin banyak lagi teman-teman yang bisa bergabung dan semakin besar di Sulbar,” ujarnya.

Seniman Mamuju, Ode berharap, dunia kreativitas utamanya di bidang seni rupa terus diangkat melalui kegiatan-kegiatan seperti ini. Apalagi, saat ini sudah banyak platform digital yang tersedia sehingga memudahkan pelukis mempublikasikan karyanya.

“Pengembangan seniman didukung dengan adanya program NFT (Non-Fungible Token, red). Ini menjadikan karya-karya kita bisa dipublikasikan secara global dan punya nilai serta sertifikat yang bisa dipegang oleh seniman,” tandasnya.

IKPS menyediakan alat lukis bagi pemula yang ingin bergabung dan belajar melukis. Kegiatan tersebut juga terbuka untuk umum. (ajs/ham)

  • Bagikan