Kisah Siti KDI, Penyanyi Berdarah Polman, Populerkan Dangdut Hingga ke Turki

  • Bagikan

POLMAN, RADAR SULBAR – Siti Rahmawati, SH., MH, atau yang akrab disapa Siti KDI, adalah penyanyi berdarah Mandar. Leluhurnya berasal dari Desa Karama, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polman.

Siti KDI awalnya adalah penyuka genre Pop, juga Rock, sebelum akhirnya berlabuh ke genre Dangdut.

Dia kerap menjadi penyanyi latar untuk konser kakaknya yang juga penyanyi Dangdut senior, Cici Paramida.

Berbekal pengalaman itu, Siti Rahmawati kemudian mengikuti kontes musik Dangdut yang dihelat salah satu stasiun TV swasta, yang bernama Kontes Dangdut Indonesia disingkat KDI. Di kontes itu, Siti kemudian menjadi juara. KDI itu kemudian dilekatkan di belakang namanya.

Siti KDI betah di genre Dangdut, sebagai genre musik yang asli berasal dari Indonesia.

Siti KDI kemudian memperjuangkan musik dangdut ini hingga ke mancanegara. Salah satunya, Turki. Di negara perbatasan Asia-Eropa itu, Siti memperkenalkan genre Dangdut ini.

Aktivitas Siti direkam salah satu media terkenal di Turki. Di salah satu media online Turki, terlihat sebuah judul berita yang artinya, Siti KDI: “Penyanyi wanita Turki punya suara yang kuat”, diterbitkan 8 Oktober 2021, pukul 11:25 waktu setempat, ditulis oleh Alanya.

Di situ juga mencantumkan narasi dalam bahasa Turki yang artinya, “Siti KDI, bintang penyanyi Indonesia peraih penghargaan MTV, mengatakan, “Di Turki, khususnya wanita memiliki ciri melodi tersendiri, selain memiliki suara yang kuat, luas, dan dalam.”

Bahkan di Turki, berduet lagu religi dengan penyanyi terkenal Turki bernama Mustafa Ceceli

Siti bahkan memboyong peserta dari Turki untuk ikut kontes dangdut di salah satu stasiun TV di Indonesia.

Selain itu, Siti juga dipercaya menjadi juri dan komentator perwakilan Turki untuk Dangdut Akademy Asia di Indosiar.

Siti KDI juga dipercaya menjadi juri ajang Putri Muslimah Asia di Indosiar, bersama Yeni Wahid. Siti bahkan mengikutkan perwakilan Turki di ajang tersebut. (*)

  • Bagikan