Permudah Akses Layanan, BPJS Kesehatan Sambangi Desa Rantemario

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – Dalam rangka memudahkan masyarakat pelosok Desa, BPJS Kesehatan kembali melakukan kegiatan BPJS Kesehatan keliling.

Kali ini, Desa yang menjadi sasaran dari BPJS Kesehatan adalah Desa Rantemario yang teletak cukup jauh dari pusat keramaian di Kabupaten Mamuju, yaitu kurang lebih 103 KM dari kantor BPJS Kesehatan Cabang Mamuju. Menurut Kepala Desa Rantemario, I Komang Wisnu Wardanayasa mengungkapkan pihaknya sangat antusias menyambut kegiatan yang dilakukan BPJS Kesehatan.

“Kami dari Perangkat Desa menyambut baik kegiatan yang dilakukan dari pihak BPJS Kesehatan,” ungkap Komang (22/04).

Dalam rangka memudahkan pelayanan Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, selain melakukan BPJS Keliling, juga dilakukan kegiatan sosialisasi dan merencanakan kegiatan BPJS Kesehatan online. Komang mengaku senang dengan dipilihnya Desa Rantemario sebagai salah satu di Kabupaten Mamuju yang akan dilakukan kegiatan BPJS Kesehatan Online.

“Desa Rantemario merupakan percontohan dan sampel dari Program JKN di Kabupaten Mamuju untuk melaksanakan BPJS Kesehatan online,” ucapnya.

Dalam rangka menyambut kegiatan BPJS Kesehatan Online, Komang juga telah menyiapkan perangkat desa yang akan stand by untuk membantu masyarakat dalam mengurus keperluan masyarakat terkait layanan Program JKN.

“Kami dari pihak Desa akan menyiapkan perangkat Desa khusus untuk memberikan layanan BPJS Kesehatan online di Desa Rantemario,” sambung Komang.

Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas kepercayaannya kepada Desa Rantemario untuk menjalankan BPJS Kesehatan Online. Menurutnya dengan adanya layanan BPJS Kesehatan Online tentunya akan membantu dan mempermudah masyarakat dalam mengurus layanan Program JKN.

“Terima kasih dari BPJS Kesehatan, karena mempercayakan Desa Rantemario untuk menjalankan BPJS Kesehatan Online. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan mempermudah dan membantu masyarakat mengakses layanan BPJS Kesehatan,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin menuturkan kegiatan BPJS Kesehatan keliling memang disediakan untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Mamuju dengan sistem jemput bola untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

“Jadi dengan adanya BPJS Keliling melayani masyarakat secara langsung seperti di pedesaan atau pemukiman, perkantoran dan lainnya,” tuturnya.

Selain itu, Umrah juga menjelaskan, dengan adanya pelayanan BPJS Keliling memudahkan peserta JKN mengakses informasi karena masyarakat dapat langsung berinteraksi dengan petugas dan mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan.

“BPJS Kesehatan keliling memang tujuannya untuk berkeliling ke tempat yang sulit dijangkau, seperti Desa terjauh dari kantor BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Desa Rantemario, BPJS Kesehatan juga akan melakukan kegiatan BPJS Kesehatan secara online di Desa Rantemario. Menurut Umrah, Desa Rantemario dipilih karena merupakan Desa yang jauh aksesnya dari kantor BPJS Kesehatan dan mempunyai jaringan internet yang cukup baik.

“Jadi kami memilih Desa Rantemario untuk melakukan kegiatan BPJS Kesehatan Online karena jaraknya sangat jauh dari kantor, sekitar dua jam setengah apabila ditempuh menggunakan kendaraan darat,” ujarnya.

Adapun dalam BPJS keliling dan BPJS Kesehatan online, pelayanan yang dapat diakses seperti, layanan administrasi JKN pendaftaran peserta, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data kepesertaan, penggantian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, panduan registrasi, pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN serta pemberian informasi seputar Program JKN.

“Dengan adanya layanan ini, semoga masyarakat yang ada di Desa Rantemario bisa terbantu terhadap layanan Program JKN,” lanjutnya.

Umrah juga menyampaikan Berbagai layanan yang disediakan BPJS Kesehatan merupakan alternatif yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan layanan Program JKN selain melalui kanal-kanal layanan yang telah ada sebelumnya.

“Intinya BPJS Kesehatan berusaha untuk selalu memberikan kemudahan akses layanan kepada masyarakat melalui berbagai kanal layanan,” tutup Umrah. (AW/af/*)

  • Bagikan

Exit mobile version