Kesbangpol Petakan Potensi ATHG Dan Konflik Sosial pada Pemilu

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat melakukan Rapat Koordinasi Tim TKDD dalam rangka Pemetaan Potensi ATHG dan Konflik Sosial pada Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Polewali Mandar, Selasa 30 Januari 2024.

Pj. Bupati Polman Ilham Borahima menyampaikan, Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka Pemetaan Potensi ATHG dan Konflik Sosial pada Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Polewali Mandar.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi pesta demokrasi 14 Februari 2024 setelah itu ada Pilkada serentak November 2024. Kita butuh satu sinergitas kolaborasi terkait khusus persoalan persoalan yang mungkin bisa saja terjadi di Kabupaten Polewali Mandar,” kata Ilham.

Ilham berharap pihak terkait mengambil langkah-langkah cegah dini dan deteksi dini terhadap potensi ancaman, tantangan, dan hambatan yang mungkin muncul. Upaya ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan proses demokrasi berjalan aman dan lancar. Sambung Muhammad Ilham Borahima.

“Termasuk Camat dan Kepala desa harus wajib melakukan cegah dini dan deteksi dini karena mereka bertanggungjawab sebagai pemerintah. Saya akan segera turunkan surat perintah untuk mengaktifkan pos-pos ronda. Penjagaan TPS di masing-masing desa.” Tambahnya

Sementara itu Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Yusuf Tahir menyampaikan Pemilu dan Pilkada Serentak adalah momen penting dalam perjalanan demokrasi. Namun, kita tidak bisa menutup mata terhadap potensi ancaman dan konflik sosial yang dapat muncul selama proses ini. Oleh karena itu, rapat ini diadakan untuk melakukan pemetaan secara menyeluruh guna memahami potensi ancaman dan tantangan, serta merumuskan langkah-langkah pencegahan yang efektif. (*)

  • Bagikan