Desa Duampanua Polman Jadi Percontohan Program Pengembangan Desa B2SA

  • Bagikan

POLMAN, RADAR SULBAR — Pengembangan Desa B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) sebagai langkah Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) dalammeningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat. Tujuannya mendukung penanganan stunting secara nasional.

Di Sulbar, tiga desa menjadi Role Model program ini, salah satunya Dese Duampanua, di Kabupaten Polewali Mandar, dengan bekerja sama TP PKK Sulbar melakukan pendampigan di desa tersebut. Untuk itu TP PKK Sulbar bersama TP PKK Kabupaten berkunjung ke Desa Duampanua, Senin 11 Desember 2023.

Pj. Ketua TP-PKK Sulbar Ninuk Triyanti Zudan mengatakan, kunjungan tersebut untuk menghadiri kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Kantor Desa Duampanua.

“Kita beri makanan selama tiga bulan, Alhamdulillah program ini berhasil dengan baik, banyak anak-anak menjadi lebih sehat, gizinya baik, peningkatan berat badan dan tinggi badan juga signifikan setelah diberikan makan,” kata Ninuk

Sehubungan akan berakhirnya program itu pada 15 Desember 2023, Ninuk berharap kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa Duampanua agar terus melanjutkan kegiatan PMT.

Disampaikan, Desa Duampanua menjadi role model atau percontohan bagi desa lain. Dengan program ini diharapkan anak-akak bisa bebas dari stunting dan bisa lebih cerdas.

“Jika anak-anak kita sehat, maju, pasti daerah kita menjadi sejahtera,” pungkasnya

Dia juga berpesan kepada ibu-ibu balita agar anak-anaknya dijaga dengan baik, diberi haknya untuk sehat agar kelak mereka menjadi harapan bersama.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulbar, Abdul Waris Bestari menyampaikan, pengembangan desa B2SA merupakan kegiatan dana dekonsentrasi dari Badan Pangan Nasional yang ditindaklanjuti dengan MoU Badan Pangan Nasional dengan TP-PKK Pusat.

“Sehingga anggaran ini langsung masuk ke desa, dikelola oleh desa, dikelola oleh TP-PKK desa,” kata Abdul Waris

Disampaikan, terdapat tiga kegiatan dalam program itu yakni, pemberian makanan tambahan kepada anak stunting, gerai pangan dan kebun percontohan.

“Kegiatan ini dilaksanakan di tiga kabupaten, yaitu Polman berada di Desa Duampanua, Majene di Desa Bonde dan Mamuju berada di Desa Toabo,” bebernya (jaf)

  • Bagikan