Pemkab Mamasa Salurkan Bantuan di Lima Kecamatan Terdampak Banjir dan Longsor

  • Bagikan
BANTUAN. Pj. Bupati Mamasa, Yakub F Solon saat menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam di Kantor Camat Buntu Malangka, Kamis 7 Desember 2023.--ist--

MAMASA, RADAR SULBAR — Bencana alam melanda lima kecamatan di Kabupaten Mamasa selama tiga hari mulai Senin 3 Desember hingga Rabu 5 Desember. Lima kecamatan dilanda banjir dan longsor yakni Kecamatan Tabulahan, Buntumalangka, Aralle, Mambi dan Bambang.

Untuk meringankan beban masyarakat yang dilanda bencana di lima kecamatan ini. Penjabat (Pj) Bupati Mamasa, Yakub F Solon mengaku prihatin atas musibah bencana alam yang melanda lima kecamatan. Diranya sedang berada di Jakarta bertemu Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sualiman saat kejadian tersebut.

“Saya sangat sedih mendapat laporan dari BPBD Mamasa bahwa bencana kembali menimpa warga Mamasa. Seharusnya kemarin saya sudah disini tetapi agenda pertemuan dengan Menteri tidak bisa dibatalkan karena itu untuk kepentingan masyarakat khusus pengembangan pertanian. Makanya baru hari ini bisa kami salurkan bantuan,” terang Yakub Solon di Kantor Camat Buntu Malangka, Kamis 7 Desember 2023

Lanjutnya, bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah meskipun nilainya tidak seberapa.

“Kami berikan bantuan bahan pokok kepada warga korban bencana semoga bisa meringankan beban dalam menghadapi kondisi yang kita tidak ingin ini,” tutur Yakub.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat melalui pemerintah kecamatan dan pemerintah desa agar mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap bencana.

“Selalu waspada karena bencana tidak bisa diprediksi kapan terjadi. Apalagi kondisi cuaca yang sedang tidak baik, curah hujan tinggi memicu longsor dan banjir,” pesannya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mamasa, Gusti Harmiawan menyampaikan, bencana terjadi beberapa waktu lalu di lima kecamatan dan ada beberapa desa yang cukup parah.

“Seperti Desa Pangadaran Kecamatan Tabulahan, Desa Rante Berang Kecamatan Bumal, Desa Baruru Kecamatan Aralle dan Desa Indo Banua Kecamatan Mambi,” terang Gusti.

Sementara, salah satu korban bencana, warga Desa Aralle Selatan, Nurlisa yang rumahnya terkena longsor merasa sangat senang bisa mendapatkan bantuan dari Pj Bupati Mamasa.

“Saya senang sekali bisa menerima bantuan dari Pak Pj Bupati. Kami berdoa agar pak Pj selalu sehat dalam menjalankan tugas sehari-hari,” tambahnya. (r4/mkb/jaf)

  • Bagikan