Ombudsman Dorong Masyarakat Manfaatkan Akses Pengaduan

  • Bagikan
Kantor Ombudsman Perwakilan Sulawesi Barat.

MAMUJU, RADAR SULBAR – Jumlah pengaduan masyarakat di Ombudsman tahun 2020 – 2022 terhitung masih rendah. Bahkan secara umum ada kecenderungan penurunan akses pengaduan layanan publik.

Dari sampel data yang disampaikan oleh Ombudsman Perwakilan Sulbar, terdapat kecenderungan penurunan akses layanan pada beberapa kabupaten dan yang sangat signifikan adalah Kabupaten Majene.

Mengalami peningkatan pada tahun 2022 sebanyak 2, setelah mengalami penurunan secara drastis bahkan di tahun 2022 hanya 2 orang.

Atas dasar ini, Ombudsman Sulbar menggelar Simba PVL di Aula Hotel Villa Bogor, Kabupaten Majene pada hari Rabu 22 November 2023 dengan tema “Optimalisasi Akses Pengaduan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kabupaten Majene”.

Simba PVL merupakan bentuk program jemput bola di lapangan atau penerimaan pengaduaan dan konsultasi secara langsung di tengah masyarakat. Kegitaan ini dilakukan sebagai upaya percepatan dan perluasan akses masyarakat dalam berinteraksi dengan Ombudsman.

Output dari Simba PVL di Majene adalah peningkatan jumlah akses masyarakat, baik dalam bentuk Laporan Masyarakat maupun Konsultasi sebanyak 50 (lima puluh).

Sementara tujuanya adalah, tersampaikannya tugas dan kewenangan Ombudsman RI, meningkatkan akses pengaduan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Majene, serta teredukasinya masyarakat Kabupaten Majene akan pentinganya pengawasan dan pengaduan atas penyelenggaraan pelayanan publik. (*)

  • Bagikan