Dorong Peran Bakomubin Sulbar Dalam Mengawal Pemilu 2024

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Dialog Publik dengan tema Peran muballigh dalam menyukseskan Pemilu 2024 berlangsung di Aula Kanto Kemenag Sulbar, Selasa 21 November 2023.

Nara sumber menghadirkan Staf Ahli Gubernur Muhamad Hamzih, Ketua KPU Sulbar Zaid Usman, Kakanwil Kemenag Sulbar, dan para hadir muballigh se-Sulbar.

Menurut Hamzih, dialog publik tersebut bermanfaat sekali bagi masyarakat yang karena pemilu kali ini berbeda dari tahun sebelummnya masyarakat akan di hadapi dengan banyak kertas suara.

“Hal ini perlu benar-benar secara bersama dapat kita sosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, melalui ceramah atau khutbah yang dapat yang dapat disampaikan di setiap masjid atau musholla,” ungkapnya.

Karenanya melalui pertemuan dalam dialog publik tersebut diharapkan peran Bakomubin melengkapi setiap unsur yang terkait dalam menyukseskan pemilu 2024.

“Kita membangun kebersamaan antara pemerintah dengan para Ormas keagamaan yang ada di Sulbar. Kita mengajak agar bisa memerangi informasi hoax yang bisa merusak ketentraman masyarakat dengan diprakarsai oleh para ulama,” ucap Hamzih.

Peran Bakomubin juga diharapkan dalam mencapai target pemerintah dalam meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya di Sulbar. “Inilah merupakan tugas kita bersama mudah-mudahan dengan kegiatan ini, para mubaligh dapat meningkatkan partisipasi pemilih yang ada di Sulbar,” jelasnya.

Ia berharap Mubaligh dapat benar-benar menjadi penyejuk di tengah masyarakat memberikan siraman-siraman rohani yang dapat memberikan perubahan bagi masyarakat baik secara pemahaman maupun aktualisasi.

“Tidak hanya untuk menjelang pemilu, tapi untuk keseharian. Dalam ceramah bersama majelis taklim atau khutbah Jumat, terus suarakan kesejukan bagi umat dan jangan ada provokasi,” tutupnya.(jaf)

  • Bagikan