Kalah Bersaing, Microsoft Suntik Mati Asisten Virtual Cortana

  • Bagikan
Ilustrasi: Asisten virtual Cortana dipastikan tamat. (Gizmochina)

RADARSULBAR.CO.ID – Persaingan teknologi di bidang asisten pintar virtual boleh dibilang sangat seru. Banyak perusahaan teknologi berlomba mengembangkan asisten virtual untuk hadir di gadget seperti smartphone, tablet, dan perangkat elektronik rumah tangga berbasis Internet of Things (IoT).

Apple punya Siri, Samsung punya Bixby, Google punya Google Assistant, Amazon punya Alexa dan Microsoft punya Cortana. Untuk yang terakhir, sayangnya tak cukup mampu mengikuti persaingan dan akhirnya tutup.

Microsoft telah secara resmi mengumumkan penghentian asisten virtualnya, Cortana, di platform Windows. Dalam dokumen dukungan baru-baru ini, perusahaan menyatakan bahwa aplikasi Cortana yang berdiri sendiri, yang sering luput dari perhatian pengguna, tidak akan lagi menerima dukungan mulai akhir tahun ini.

“Kami tahu bahwa perubahan ini dapat memengaruhi beberapa cara Anda bekerja di Windows, jadi kami ingin membantu Anda bertransisi dengan lancar ke opsi baru. Alih-alih mengeklik ikon Cortana dan meluncurkan aplikasi untuk mulai menggunakan suara, kini Anda dapat menggunakan suara dan memenuhi kebutuhan produktivitas Anda melalui berbagai alat,” jelas Microsoft di laman resminya.

Keputusan ini mengikuti pengenalan Windows Copilot, yang diluncurkan pada konferensi Microsoft Build 2023 seminggu yang lalu. Terlepas dari spekulasi bahwa Copilot akan menggantikan Cortana, Aaron Woodman dari Microsoft mengklarifikasi bahwa kedua layanan tersebut memiliki tujuan yang berbeda dan tidak dapat dipertukarkan.

Meski Cortana tidak lagi tersedia, Microsoft meyakinkan pengguna bahwa pengalaman AI atau Artificial Intelligence masih dapat diakses di Windows 11. Pengganti penting yang disebutkan dalam dokumen dukungan termasuk Windows Copilot, Bing baru, Microsoft 365 Copilot, dan akses suara di Windows, yang memungkinkan kontrol suara pada PC.

Diketahui, nasib Cortana sudah terlihat selama beberapa waktu. Awalnya diluncurkan sebagai asisten virtual untuk Windows Phone 8.1 pada tahun 2014, kemudian beralih ke desktop dengan Windows 10.

Microsoft memperluas kehadiran Cortana dengan mengintegrasikannya ke berbagai aplikasi, menyerupai pendekatan saat ini dengan Copilot. Namun, perangkat Cortana pihak ketiga seperti speaker pintar Harman Kardon Invoke dan termostat Johnson Controls Glas juga kehilangan dukungan.

Menyadari potensi Cortana yang terbatas untuk bersaing dengan Alexa dari Amazon, Microsoft secara bertahap mengurangi upayanya. Cortana dipisahkan dari Windows, menjadi aplikasi mandiri dari pada fitur bilah tugas atau fitur sampingan.

Selama beberapa tahun terakhir, sebagian besar tetap menjadi aplikasi di Windows 11 tanpa pembaruan signifikan atau fitur baru. Sekarang, Microsoft menekankan Bing Chat dan Copilot.

Fokus perusahaan pada AI terbukti, dengan rencana untuk bergerak maju dengan GPT-4 , asisten suara yang lebih canggih, dari pada mengandalkan fungsionalitas dasar Cortana.

Microsoft mengklarifikasi bahwa Cortana akan tetap tersedia di Outlook mobile, Teams mobile, Teams display, dan Teams room. Namun, mengingat penghentian Cortana di Windows dan kurangnya pembaruan terkini, ini mungkin bukan waktu yang ideal untuk membangun alur kerja seputar asisten virtual.

Akhir Cortana bertepatan dengan berakhirnya era Windows 10. Microsoft baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa versi 22H2 yang akan datang akan menjadi pembaruan fitur terakhir untuk sistem operasi yang banyak digunakan ini. (jpg)

  • Bagikan