Google Mengeluarkan Peringatan Mendesak untuk Pengguna Gmail, Ada yang Berbahaya?

  • Bagikan
Ilustrasi: Google merilis peringatan untuk pengguna Gmail. --DigitalTrends--

RADARSULBAR.CO.ID – Jika Anda memiliki akun Gmail, penting untuk memeriksa peringatan tidak menyenangkan yang datang langsung dari Google.

Raksasa pencarian ini baru saja mengeluarkan peringatan kepada setiap pengguna dengan akun Gmail.

Lansiran tersebut muncul sehubungan dengan penipuan baru yang muncul dan menimbulkan ancaman bagi pengguna.

Serangan cyber tersebut menggunakan branding Google dan diawali dengan baris subjek yang bertuliskan “Online Reward Program”.

Pengguna yang membuka email Gmail palsu diberi tahu bahwa mereka akan mendapatkan hadiah.

Mereka disajikan dengan pesan seolah-olah mereka telah melakukan pencarian ke-18,25 miliar di Google.

“Selamat! Anda adalah pengguna Google yang beruntung ! “Setiap 10 juta pencarian tercapai di seluruh dunia, kami akan mengumumkan pengguna yang beruntung untuk mengirimkan hadiah terima kasih. Anda adalah pengguna yang beruntung!” demikian bunyi pesan penipuan tersebut.

Pesan tersebut akan meminta pengguna Gmail untuk mengklik tautan tertentu. Hanya dengan mengklik tautan itu, mereka akan bisa mendapatkan hadiahnya.

Apakah Anda tahu kapan ada sesuatu yang berbau tidak sedap? Ya, itulah yang terjadi di sini. Menurut raksasa pencarian tersebut, ini hanyalah bentuk penipuan baru. Ini adalah cara bagi peretas untuk mengakses data pribadi.

Dengan itu, mereka dapat mencuri uang dan identitas. Google sekarang mendesak pengguna untuk tetap waspada terhadap penipuan ini.

Jadi perhatikan baik-baik kotak masuk Anda dan laporkan sesuatu yang mencurigakan. Selain itu, coba periksa kebenaran kampanye tertentu sebelum menganggapnya benar.

Di halaman saran, Google memberi tahu pengguna Gmail. “Ada kemungkinan pop-up juga meminta Anda untuk memasukkan email atau info pribadi lainnya. Google tidak menawarkan hadiah spontan dalam format ini.

Jadi, Anda tidak akan memenangkan hadiah dengan menyelesaikan survei atau memasukkan info pribadi. Tutup jendela pop-up dan jangan masukkan informasi pribadi Anda,” terang Google.

Dalam upaya untuk memperingatkan pengguna Gmail dan membantu mereka dengan tip, Google telah menyediakan beberapa Aturan Emas yang dapat diikuti pengguna untuk menghindari serangan semacam ini.

“Sayangnya, oknum terkadang mencoba menggunakan merek Google untuk menipu dan menipu orang lain. Berikut adalah beberapa penipuan umum, dan cara yang dapat Anda hindari dan laporkan,” lanjut Google.

Yang bisa dilakukan adalah memperlambat upaya penipuan. Penipuan sering dirancang untuk menciptakan rasa urgensi. Luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan pikirkan baik-baik.

Kemudian, lakukan spot check. Lakukan riset untuk memeriksa ulang detail yang Anda dapatkan. Apakah yang mereka katakan masuk akal. Juga, jangan ikut meneruskan atau menanggapi pesan penipuan tersebut. (jpg)

  • Bagikan