Biar Tak Diintip, Simak Cara Sembunyikan Chat di WhatsApp

  • Bagikan
Ilustrasi: WhatsApp menyediakan fitur sembunyikan pesan untuk melindungi privasi pengguna. (Wondershare MobileTrans)

RADARSULBAR.CO.ID – WhatsApp sejauh ini masih menjadi aplikasi perpesanan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Platform milik Meta ini memungkinkan pengguna untuk mengobrol dengan teman, keluarga, kolega, dan kontak lainnya.

Dengan penggunaannya yang luas, mungkin ada situasi ketika pengguna tidak ingin orang lain mengakses dan mengintip obrolan mereka karena alasan privasi atau kerahasiaan. Oleh karenanya, untuk menghindari hal tersebut, WhatsApp sudah menyiapkan antisipasinya.

Ya, dalam kasus seperti itu, pengguna perlu mengetahui proses menyembunyikan obrolan di WhatsApp dengan kata sandi atau mengarsipkannya atau mentransfer percakapan ke lokasi lain. Supaya obrolan Anda tidak diutak-atik orang lain, berikut cara mudah menyembunyikan obrolan di WhatsApp.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp di Android dengan Fungsi Arsip

Cara asli menyembunyikan obrolan WhatsApp di Android adalah melalui fungsi arsip. Untuk mengarsipkan obrolan, pengguna perlu membuka WhatsApp di perangkat Android mereka dan memilih obrolan yang ingin mereka sembunyikan.

Setelah itu, mereka perlu menekan dan menahan obrolan, mengklik ikon panah bawah, dan obrolan akan diarsipkan. Untuk mengakses obrolan yang diarsipkan, pengguna perlu meluncurkan WhatsApp, menggulir ke bagian atas layar, dan memilih opsi Obrolan yang Diarsipkan di atas bilah pencarian.

Cara Menyembunyikan Percakapan di WhatsApp Tanpa Mengarsipkannya

Untuk pengguna yang tidak ingin mengarsipkan obrolan tetapi tetap mudah diakses, aplikasi pihak ketiga seperti GBWhatsApp dapat digunakan. GBWhatsApp adalah versi modifikasi dari aplikasi WhatsApp asli dan menawarkan berbagai fitur tambahan dibandingkan dengan aplikasi konvensional.

Namun, penting untuk dicatat bahwa aplikasi tersebut belum dikembangkan oleh sumber resmi. Gampangnya, tidak ada jaminan pada tingkat keamanan yang diberikannya kepada pengguna saat menggunakan aplikasi pihak ketiga ini.

Cara Menyembunyikan Semua Percakapan WhatsApp

Bagi pengguna yang mengkhawatirkan privasi, memblokir akses ke semua obrolan WhatsApp adalah opsi yang bagus. Ada beberapa perangkat yang memiliki fitur untuk mengunci aplikasi apa pun menggunakan kode sandi atau sidik jari.

WhatsApp juga telah meluncurkan opsi kunci aplikasi untuk perangkat Android yang memungkinkan pengguna mengunci obrolan mereka dengan sidik jari. Alternatif lain adalah mengunduh pengunci aplikasi, seperti ChatLock+, dari Play Store.

Setelah instalasi, pengguna perlu meluncurkan aplikasi, mengaktifkan opsi untuk memblokir WhatsApp, memasukkan kode PIN 4 digit, dan setiap kali membuka WhatsApp, mereka harus memasukkan kode PIN untuk melindungi obrolan mereka dari penyusup.

Mengapa Menyembunyikan Pesan dan Obrolan di WhatsApp?

Di dunia saat ini di mana masalah privasi sedang meningkat, kemampuan untuk menyembunyikan pesan dan obrolan di WhatsApp adalah fitur penting bagi pengguna yang menghargai privasi dan ingin menjaga agar pengalaman perpesanan mereka tetap teratur.

Fitur ini membantu melindungi data pribadi dan percakapan pribadi. Meminimalkan gangguan selama bekerja atau aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi. Dan membantu menjaga kotak pesan tetap bersih dan mudah dikelola. (jpg)

  • Bagikan