YouTube Rilis Fitur Go Live Together, Bisa Live Streaming Bareng-bareng

  • Bagikan
Ilustrasi: YouTube kenalkan fitur baru Go Live Together. (Foto: Digital Information World)

RADAR SULBAR – Setelah sekian lama, YouTube akhirnya meluncurkan fitur baru yang disebut Go Live Together. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pembuat konten menjadi tuan rumah streaming langsung bersama.

Siapa pun yang memiliki lebih dari 50 subscriber dapat mengundang tamu untuk mengadakan streaming langsung dengan mereka dari perangkat seluler iOS dan Android.

Sayangnya hanya satu tamu yang diizinkan setiap saat, tetapi tuan rumah dapat menukar tamu baru selama streaming berlangsung di waktu yang sama.

Anda dapat menjadwalkan streaming bersama melalui aplikasi desktop YouTube, tetapi tuan rumah dan tamu harus menggunakan perangkat seluler selama streaming langsung. Untuk menggunakan fitur ini juga mudah yakni cukup buka aplikasi YouTube, ketuk “Buat”, lalu “Live Live Together”.

Setelah memasukkan detail streaming, pilih “Undang co-streamer” dan kirim tautan undangan ke co-streamer. Mereka kemudian akan dimasukkan ke ruang tunggu sampai Anda mengklik “Siarkan Langsung”.

YouTube menjelaskan, tidak ada jumlah minimum pengikut untuk tamu, tetapi tuan rumah akan bertanggung jawab jika tamu melanggar pedoman komunitas apa pun. Yang menariknya lagi, host juga dapat memperoleh pendapatan untuk iklan, yang dapat muncul dalam bentuk pra-putar, paruh-putar, dan pasca-putar.

YouTube menawarkan fitur serupa yang memungkinkan kreator melakukan streaming langsung belanja bersama, yang memungkinkan hosting bersama dan pengalihan ke saluran merek. Selain youtube, Twitch baru-baru ini memperkenalkan fitur dalam versi beta yang disebut Bintang Tamu yang memungkinkan pembuat konten membawa hingga lima tamu ke streaming. (jpg/*)

Sistem itu sedikit lebih sederhana, karena setiap penonton dapat mengangkat tangan virtual dan tuan rumah dapat mengundang mereka, seperti Clubhouse atau Twitter Spaces. Tidak seperti batasan seluler YouTube, versi Twitch hanya tersedia di desktop. (jpg)

  • Bagikan