Sulbar Ekspor Bungkil Sawit Senilai Rp8,4 Miliar ke Thailand

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR — Produk ekspor daerah asal Sulbar kian bertambah. Kali ini Sulbar yang kaya akan komoditi Tandang Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit telah memproduksi bungkil inti sawit.

Bungkil inti sawit atau palm kernel expeller (PKE) merupakan limbah dari proses pengolahan industri minyak sawit. Bungkil ini merupakan bahan baku pakan ternak asal tumbuhan.

Rencananya ekspor perdana Bungkil inti sawit sebanyak 3.800 Ton, atau Rp8,4 miliar dikirim dari Pelabuhan Belang-Belang Mamuju menuju , Rabu 11 Januari 2023.

PJ Gubernur Sulbar Akmal berterima kasih kepada pihak terkait Termasuk eksportir.
Kita punya potensi melimpah, salah satunya kelapa sawit. Khususnya di daerah Mamuju Tengah dan Pasangkayu. Serta produk turunan, seperti cangkang sawit, dan produk ekspor lainnya.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Mamuju, Agus Karyono menyampaikan, di Indonesia Bungkil ini merupakan limbah yang memiliki nilai ekonomi. Karenanya ia mendorong hilirasisi produk pertanian di Sulbar.

“Hilirasisi produk pertanian harus kita galakkan. Apalagi pasca Pandemi, kita harus mengalahkan ekspor. Dan salah salah satu upaya kami mendorong aktivitas ekspor di Sulbar,” ujar Agus.

Ia juga memastikan produk Bungkil yang dikirim dari Sulbar telah melalui serangkaian pemeriksaan atau fumigasi. (jaf)

  • Bagikan