iPhone 14 dan iPhone 14 Plus Cuma Seri Lama yang Ganti Nama, Kok Bisa?

  • Bagikan
iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. --Dok Apple--

RADARSULBAR -Jelang akhir tahun, seperti biasa peluncuran iPhone terbaru dari Apple selalu menyita perhatian. Yang kali ini cukup menarik dimana iPhone datang dalam empat model sekaligus, varian reguler, Plus, Pro dan Pro Max.

Dua varian terakhir adalah yang paling menyita perhatian. Betapa tidak, setelah tiga tahun tak ganti tampang dengan hanya perubahan minor saja, di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ada penyegaran dengan model layarnya berubah dan menanggalkan notch atau takiknya.

Sementara varian reguler dan Plus masih sama seperti model iPhone 14 lama. Bentuk dan jeroannya juga, menggunakan chip yang sama yakni A15 Bionic sementara baru pada varian iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max hadir dengan chip baru A16 Bionic.

Hal ini kemudian membuat para tech enthusiast bertanya-tanya, mungkinkah iPhone 14 dan iPhone 14 Plus hanya iPhone 13 yang ganti nama. Dan, ya, mengejutkan, hal tersebut terkonfirmasi benar.

Dikutip dari Gizchina, menurut kode model Apple yang dirilis dalam versi beta terbaru dari Xcode Apple, seri iPhone 14 Pro dikonfirmasi sebagai generasi baru, dengan nama kode iPhone15,2 dan iPhone15,3.

Sementara iPhone 14 dan 14 Plus diberi kode nama yang mirip dengan seri iPhone 13, yakni iPhone14,7 dan iPhone14,8. Artinya, versi standar iPhone 14 memang model generasi yang sama dari iPhone 13 dalam perencanaan produk internal Apple. “Ini hanya smartphone lama yang sama dengan nama baru dan warna baru,” jelas laman tersebut.

Dari segi spesifikasi, diagonal layar untuk iPhone model dasar baru adalah 6,1 inci dan 6,7 inci, masing-masing. Mirip dengan iPhone termahal terakhir dalam hal ini iPhone 13 Pro Max, model iPhone 14 Plus memiliki layar 6,7 inci atau dengan kata lain ukurannya sama.

Selain itu, iPhone 14 Plus akan memiliki layar besar yang sama dengan Pro Max dan masa pakai baterai yang sama panjangnya. Seri 14, menurut Apple, memiliki daya tahan baterai terbesar yang pernah ada. (jpg)

  • Bagikan