Samsung Resmi Luncurkan Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 di Indonesia

  • Bagikan
Samsung Galaxy Z Flip 4, salah satu ponsel lipat yang diklaim paling diminati konsumen di Indonesia. --Foto: RianAlfianto/Jawa Pos--

RADARSULBAR – Samsung Electronics Indonesia resmi menghadirkan Galaxy Z Fold 4 5G, Galaxy Z Flip 4 5G ke pasar Indonesia. Dua smartphone lipat terbaru dari Samsung ini debut bareng ekosistem Internet of Things (IoT) lainnya yakni Galaxy Watch 5 Series, dan Galaxy Buds 2 Pro ke Tanah Air.

Simon Lee, President Samsung Electronics Indonesia mengatakan, dua perangkat lipat ini telah didesain dengan inovasi untuk mengekspresikan diri dengan FlexCam dan mengejar produktivitas lebih tinggi dengan fitur-fitur multitasking.

“Kini, saatnya kita ciptakan pengalaman yang lebih luar biasa dari sebelumnya dengan smartphone layar lipat terbaru kami, Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G, lengkap dengan Galaxy Ecosystem,” ujarnya di Jakarta, Kamis (1/9).

Dari segi spesifikasi, Galaxy Z Fold 4 tak banyak ubahan, handset ini masih mengusung layar utama berukuran 7,6 inci. Namun di model terbaru ini, Samsung membuat layarnya lebih lebar sedikit sebesar 3 mm dari Galaxy Z Fold 3, sementara panjangnya dipangkas 3,1 mm.

Layar covernya berukuran 6,2 inch dengan panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate adaptive 48~120Hz. Untuk memberikan kenyamanan pengetikan dan penggunaan, Samsung mengubah rasio layar dari sebelumnya 24,4:9 menjadi 23,1:9.

Jeroannya, Samsung memodali Galaxy Z Fold 4 dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB. Ada tiga pilihan ruang penyimpanan, yakni 256 GB, 512 GB dan 1 TB.

Tiga kamera masih menghiasi bagian belakang ponsel layar lipat ini, tapi komposisinya jauh lebih menarik dari sebelumnya. Sebab Samsung menyematkan kamera utama 50 MP yang dibekali OIS Dual Pixel sehingga diklaim handal memotret dan merekam video stabil saat malam.

Ada pula kamera ultra wide 12 MP serta kamera tele 10 MP yang mampu melakukan 3x zoom optic dan 30x zoom digital. Untuk selfie dan video call diberikan kamera 10 MP di cover dan 4 MP di layar utama.

Sementara untuk Galaxy Z Flip 4 yang mana dikatakan Samsung merupakan model yang paling banyak dicari, hadir dengan ukuran layar 6,7 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2X, resolusi 2.640 x 1.080 pixel dan adaptive 120 Hz.

Layar bagian depan 1,9 inci berpanel Super AMOLED dengan refresh rate 60 Hz. Layarnya terasa cukup ditingkatkan yang mana pengguna tidak hanya merasakan ukuran yang lebih luas tapi bisa mengkustomisasi tampilan. lewat layar depan ini kini dimudahkan untuk pengambilan foto portrait dan membuat vlog.

Samsung meningkatkan kamera Galaxy Z Flip 4. Kendati ukuran kamera ganda di bagian luarnya masih 12 MP hasilnya dijanjikan piawai memotret malam dan membuat video stabil. Kamera bagian dalam berukuran 10 MP.

Seperti saudaranya, Galaxy Z Flip 4 ditopang chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadankan dengan RAM LPDDR5 8 GB. Ada pilihan penyimpanan 128 GB, 256 GB dan 512 GB. Baterai juga ditingkatkan dengan kini berukuran 3.700 mAh dipasang di bagian dalam dengan dukungan pengisian cepat 25 Watt. (jpg)

  • Bagikan