Rencana Prabowo-Puan Akan Ketemu, PKB Tak Masalah Ditinggal Partai Gerindra

  • Bagikan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menandatangi piagam kerja sama politik untuk 2024 pada rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 13 Agustus 2022 lalu. --Dery Ridwansah/Jawa Pos--

JAKARTA, RADARSULBAR – Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal tak mempermasalahkan akan ditinggal Partai Gerindra, lantaran adanya rencana pertemuan Prabowo Subianto dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. Menurutnya, koalisi PKB dan Gerindra sudah solid yang ditandai dengan piagam deklarasi koalisi beberapa waktu lalu.

“Enggak (khawatir), sampai sekarang kita dari awal ada kesepakatan piagam kerja sama antara koalisi PKB-Gerindra ini bersama-sama. Itu tidak akan terjadi selama pembicaraan kan sama-sama ada titik temu,” kata Cucun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 30 Agustus 2022.

Menurut Cucun, pertemuan Prabowo dan Puan juga bagian dari kesepakatan PKB dengan Gerindra. Menurutnya, kerja sama kedua parpol sangat terbuka dengan bergabungnya parpol lain.

“Begini kan, dari awal kita sampaikan juga bahwa yang namanya koalisi kita ini, PKB-Gerindra, welcome untuk parpol manapun. Toh, kita lihat mau Pak prabowo ketemu Mba Puan, kemudian nanti ada pertemuan Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar) dengan Mba Puan. Nah, itu hal komunikasi yang harus dijalin oleh para tokoh tokoh bangsa,” ucap Cucun.

Cucun menyebut, kemungkinan PDIP kerja sama dengan koalisi PKB dan Gerindra justru semakin terbuka. Mengingat hubungan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pernah dekat secara politik. Sebab pada Pilpres 2009, Prabowo merupakan pasangan Megawati.

“Kan dari sudah beberapa pemilu dekat. Bu Mega dengan Pak Prabowo. Mudah-mudahan itu yang diharapkan, kita (Gerindra-PKB) akan lebih kuat kalau (PDIP gabung),” ungkap Cucun.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani berencana melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Rencananya, Puan akan mendatangi kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat dan mengagendakan berkuda bersama.

“Mbak Puan yang akan mendatangi Bapak Prabowo Subianto, berkuda bersama, makan bersama, kira-kira seperti itu,” ujar Ketua DPP PDIP Said Abdullah.

Said mengatakan, pertemuan diagendakan pekan depan, karena kedua tokoh sama-sama memiliki waktu luang. Dia berharap, tidak ada halangan untuk pertemuan Puan dan Prabowo.

“Insya Allah jika tidak ada aral dan sebagainya, kemudian momentumnya, keduanya beliau ini akan sama baik Mbak Puan maupun Pak Prabowo Subianto, minggu depan,” ujar Said.

Meski demikian, Said belum memastikan waktu tepatnya Puan berkunjung ke Prabowo. Dia hanya bisa memastikan pekan depan pertemuan itu dilakukan.

“Insya Allah kalau waktunya kedua beliau ini sama-sama punya waktu yang sama, harinya belum,” pungkas Said. (jpg)

  • Bagikan