Hadirkan Bengkel Alat Bantu dan Prototype Bangunan Hunian Aksesibel Bagi Penyandang Disabilitas

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR–Pusat Rehabilitasi YAKKUM melaksanakan peresmian bengkel alat bantu dan prototype bangunan hunian yang aksesibel bagi penyandang disabilitas, di Mamuju, Rabu 22 Juni 2022.

Pusat Rehabilitasi YAKKUM adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat di Yogyakarta yang mempunyai mandat untuk mendukung penyandang disabilitas untuk memenuhi hak-hak mereka melalui terbangunnya masyarakat yang inklusif melalui layanan yang berkualitas, terjangkau dan terintegrasi.

Kerja sama yang dibangun bersama Gema Difabel Mamuju dan Pemkab Mamuju sebagai upaya menjalankan program pemulihan pasca bencana bagi masyarakat di Sulawesi Barat khususnya penyandang disabilitas di Mamuju.

Selain Pelayanan Kesehatan, pemberdayaan ekonomi serta distribusi alat bantu kepada 27 penyandang disabilitas sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya. Itu juga sebagai upaya advokasi untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Mamuju dalam hal akses hunian tetap yang aksesibel dan peresmian bengkel reparasi alat bantu sebagai pemenuhan kebutuhan akan reparasi alat bantu difabel dan lansia di Mamuju.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mamuju Muhammad Fausan Basir mengatakan, program Pusat Rehabilitasi YAKKUM membawa harapan untuk memenuhi hak penyandang disabilitas.

“Kita tidak dapat hanya mengandalkan program dan layanan yang ada namun penting untuk mendorong adanya program-program rehabilitasi berbasis masyarakat,” ujar Fauzan, Rabu 22 Juni 2022.

Direktur Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Chatarina Sari menjelaskan, saat ini pihaknya baru dapat mendukung dua unit rumah, itu sebagai percontohan dengan harapan itu menjadi acuan bagi siapapun. (*)

  • Bagikan