Dukung Pasokan Pangan IKN, Pemkab Polman Usul Rute Pelayaran Tanjung Silopo-Balikpapan

  • Bagikan
Pelabuhan Tanjung Silopo, Kecamatan Binuang, Polman. --dok Radar Sulbar--

POLEWALI RADAR SULBAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) mengusulkan ke Kementerian Perhubungan agar membuka rute pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Silopo Kecamatan Binuang ke Pelabuhan Balikpapan, dalam rangka mendukung pasokan pangan ke Ibukota Nusantara (IKN).

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan, Pemkab Polman telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terkait suplai pangan mendukung IKN. “Hasil pertanian, perkebunan dan peternakan Kabupaten Polman khususnya beras dan ternak akan disuplai ke Balikpapan melalui pelabuhan Tanjung Silopo,” ungkapnya.

Terkait realisasi usulan rute pelayaran ini, Kementerian Perhubungan RI mengutus pejabatnya ke Polewali Mandar melihat kondisi Pelabuhan Tanjung Silopo, Rabu 8 Juni.

“Jika ini terealisasi maka akan dikembangkan nanti rute dari Tanjung Silopo ke Balikpapan selanjutnya ke Pelabuhan Lahadatu Sabah Malaysia. Apalagi banyak warga Polman itu bermukim di Balikpapan. Termasuk rute pengiriman tenaga kerja ke Sabah Malaysia,” terang Andi Ibrahim Masdar.

Saat ini kapal yang rutin bongkar muat di Tanjung Silopo baru KM Kendhaga Nusantara 6 dengan rute Makassar-Tanjung Silopo-Nunukan dengan memuat kontainer.

Selain itu ada rute pelayaran Kotabaru Kalsel-Majene-Tanjung Silopo dengan Kapal Sabuk Nusantara 93 memuat penumpang dan barang.Jika rute Tanjung Silopo-Balikpapan dibuka ini juga mendukung kerjasama yang telah ditandatangani antara Pemkab Polman dengan Pemkot Balikpapan pengiriman hasil pangan. Polman akan menyuplai beras untuk kebutuhan ASN Pemkot Balikpapan dan masyarakat umum.

“Kita sudah jalin kerjasama dengan Pemkot Balikpapan terkait pengiriman beras, gula merah, ternak dan kebutuhan pangan lainnya. Jika ini berjalan maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani dan peternak,” terang Andi Ibrahim Masdar.

Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik sangat mengapresiasi upaya Pemkab Polman membuka rute pelayaran Tanjung Silopo ke Balikpapan hingga Lahadatu Malaysia. Bahkan jika ditambah rute tersebut ke Mamuju, Donggala hingga Palu.

“Ini saya sangat apresiasi usulan tersebut karena rute pelayaran ini potensinya sangat bagus. Pergerakan barang dan penumpang akan menunjang pertumbuhan ekonomi di daerah ini. Kami berharap Kemenhub dapat mengakomudir dan merealisasikan usulan Pemkab Polman pembukaan rute pelayaran Tanjung Silopo ke Balikpapan,” terang Akmal Malik.

Terpisah, Kepala UPTD Pelabuhan Tanjung Silopo, Ali Imron juga sangat mendukung jika dibuka rute pelayaran dari Tanjung Silopo ke pelabuhan Balikpapan.

“Kita sangat mendukung usulan Pemkab Polman buka rute baru pelayaran. Karena dengan adanya kerja sama antara Pemkab Polman dengan Balikpapan pengiriman hasil pertanian melalui Pelabuhan Tanjung Silopo pasti kegiatan bongkar muat semakin meningkat. Sehingga berdampat positif terhadap masyarakat sekitar pelabuhan khususnya Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM),” tandas Ali Imron. (*)

  • Bagikan