Ini Dia 10 Menteri Jokowi yang Paling Banyak Jadi Omongan Publik

  • Bagikan

JAKARTA – Ada 10 menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang jadi paling sering diperbincangkan alias diomongin publik.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei dari Center for Indonesian Reform (CIR) dan Datasight Indonesia.

Lembaga tersebut memonitoring pemberitaan media online dan percakapan di media sosial untuk mengukur kinerja lembaga publik.

Aktivitas di dunia maya, ternyata mencerminkan sebagian realitas dunia nyata seperti terlihat dari hasil survei tatap muka.

Monitoring media untuk periode 1 Januari – 7 Februari 2022 berhasil mengumpulkan 143.224 data pemberitaan dan percakapan tentang kiprah para menteri.

Dari data terkumpul, ada beberapa sosok yang menonjol: Menteri BUMN Erick Thohir (22,94 persen), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (10,55 persen), Menteri Keuangan Sri Mulyani (8,87 persen), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (8,12 persen), dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (7,55 persen).

Posisi berikutnya diikuti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (7,40 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (6,87 persen), Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas (4,16 persen), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (3,92 persen), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (3,75 persen), dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (3,63 persen). Menteri-menteri lain berada di bawahnya.

“Posisi Erick Thohir cukup mengejutkan karena dalam survei pada umumnya terletak di ranking menengah, sementara hasil monitoring media justru menujukkan paling banyak diberitakan dan dipercakapkan,” terang Direktur DataSight Indonesia, Radhiatmoko, Kamis, 10 Februari 2022.

  • Bagikan