Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, TMMD ke 120 Benahi Akses Jalan di Desa Tallang Balao

  • Bagikan
TMMD ke 120 Kodim 1401 Majene membuka jalan baru untuk masyarakat Desa Tallang Balao Kecamatan Tammerodo, Majene , beberapa waktu lalu.--mabrur/radarsulbar--

Sejak dulu warga Desa Tallang Balao Kecamatan Tammerodo, Majene sangat membutuhkan jalan untuk mempermudah masyarakat dalam menjual hasil panen. Namun permasalahan itu terjawab atas hadirnya Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 120 Kodim 1401, akses jalan yang diimpikan warga kini terkabul.

Laporan: Muh Mabrur, Tallang Balao

Program TMMD ke 120 di Desa Tallang Blao fokus pada jalan sepanjang kurang lebih 4, 5 kilometer yang menghubungkan seluruh perkebunan yang ada di Desa Tallang Balao. Hal itu dilakukan agar memudahkan masyarakat memuat hasil kebunnya ke pasar.

Jalan yang dibuat tersebut merupakan jalan baru dengan lebar sekitar 6 meter. Agar jalan tersebut dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain membuat jalan Program TMMD ke 120 juga memperbaiki jembatan, mencetak sawah baru dengan luar 1 hektar, membuat tempat penampungan air bersih, merehabilitasi masjid dan memperbaiki rumah warga penderita tuna netra.

Salah satu warga setempat Burhanuddin mengatakan, dengan masuk TMMD ke Desa Tallang Balao sangat membantu memajukan ekonomi masyarakat Desa Tallang Balao. Karena mereka membuat jalan baru ke kebun untuk memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil ke pasar.

“Sebelum ada jalan ini, kami harus berjalan kaki 1 hingga 3 kilometer, dimana jalannya becek dan mendaki, namun setelah TMMD ke 120 memperbaiki jalan semua menjadi mudah, sehingga hasil panen kami bisa terjual ke pasar dengan mudah,” ujarnya, Minggu 26 Mei saalditemui.

Kata dia, jalan baru yang dibuat oleh TMMD ke 120 sangat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Desa Tallang Balao, terutama para petani. “Waktu tidak ada jalan ini, kami setengah mati melewati jalan yang berliku, terutama saat musim hujan, apalagi bila sambil memikul hasil kebun, namun setelah adanya jalan ini semuanya menjadi mudah, yang selama ini sulit kini menjadi sangat mudah kerena kami tidak lagi memikul hasil kebung kami, tetapi kami kendaraan bisa naik, jadi yang sulit kini menjadi mudah,” ungkapnya dengan senyum.

Sementara Kepala Desa Tallang Balao Baharuddin menuturkan dengan adanya TMMD ke 120 masuk ke Desa Tallang Balao betul betul membangun Desa Tallang Balao yang semula tertinggal kini menjadi lebih baik. Terutama mayoritas warga Desa Tallang Balao petani. Sehingga jalan ke kebun sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Coba bayangkan pak, dulu masyarakat kami sangat sulit membawa hasil ke ke pasar, tetapi kini dengan adanya jalan yang dibangun sangat mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil kebunnya, dengan menggunakan kendaraan yang sudah bisa masuk kebung warga,” ungkapnya.

Selaku Pemerintah Desa Tallang Balao sangat berterimakasih dengan dipilihnya Desa Tallang Balao tempat TMMD ke 120 Kodim 1401 Majene. “Hasil pertanian di desa kami sangat beragam, ada Coklat, Kelapa, Cengkeh, Pisang, Ubi, dengan baik jalan ke kebun saya yakin ekonomi masyarakat di desa kami bisa meningkatkan, olehnya itu sekali lagi kami ucapkan terimakasih berkat TMMD desa kami bisa menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Bupati Majene A. Achmad Syukri menuturkan, program TMMD ke 120 yang membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Majene. “Saya berharap program TMMD terus ada karena TMMD ini sangat membantu memajukan desa desa yang ada di Kabupaten Majene,” ungkapnya.

Tim Was Ev yang datang langsung meninjau TMMD ke 120 Marsma TNI Dr Agus Priyanto menjelaskan, bahwa kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk mengawasi dan mengevaluasi progres kegiatan TMMD, memastikan bahwa setiap tahapan pekerjaan berjalan lancar dan tepat waktu.

Tim Was Ev juga ingin mendengar langsung masukan dan aspirasi dari masyarakat setempat terkait pelaksanaan TMMD.

“Kami ingin memastikan bahwa program ini memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan pembangunan yang berkelanjutan, dan masyarakat sangat terbantu dengan adanya TMMD ini,” ujar Marsma Agus Priyanto.

Dansatgas TMMD, Letkol Czi I Made Bagus Asmara Putra, mengatakan, perkembangan pembangunan sasaran fisik dan non fisik yang sedang berlangsung. Sasaran fisik dan non fisik meliputi perintisan jalan, pengerasan jalan, pembuatan plat duiker, rehabilitasi masjid dan beberapa penyuluhan serta beberapa sasaran lainnya.

“Masyarakat sangat mengapresiasi kemajuan yang telah dicapai dan berharap bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi semua pihak, Desa Tallambalao akan semakin maju dan sejahtera. TMMD bukti komitmen TNI dalam mendukung pembangunan desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program TMMD,” ungkapnya.

Pandam XIV/Hasanuddin Mayor Jendral TNI Bobby Rinal Makmun mengucapkan terimakasih sebanyak banyaknya kepada Kodim 1403 Palopo, Kodim 1415 Selayar, dan Kodim 1401 Majene, serta Kodim 1412 Kolaka berserta seluruh elemen masyarakat atas sinergi dalam menyukseskan TMMD ke 120 tahun anggaran 2024.

Darma bakti TMMD mempercepat pembangunan di wilayah masing masing. (***)

  • Bagikan