Pemprov Sulbar bersama TPID Masifkan Operasi Pasar Jelang Ramadan

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Sulbar Waris Bestari dan Kepala Biro Ekbang Hamdani serta sejumlah instansi vertikal yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulbar masif melakukan pengecekan kebutuhan pokok di sejumlah titik di Mamuju.

Operasi yang dilakukan bersama TPID, merupakan tindak lanjut arahan PJ Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh agar OPD terkait bersama TPID Sulbar dan Kabupaten rutin melakukan pengecekan pasokan dan harga kebutuhan pokok.

Peninjauan Pertama di Gudang Bulog Mamuju, Kepala Perum Bulog Mamuju, Suarsi mengatakan untuk peninjauan di Gudang Bulog fokus pada ketersediaan pasokan beras.

Diketahui komoditas beras menjadi penyumbang inflasi di Sulbar pada Februari 2024. Olehnya kata Suarsi pihaknya terus memastikan sejumlah program mengantisipasi lonjakan harga, khususnya pada bulan ramadan.

Selain beras, salah satu kebutuhan masyarakat yang kerap mengalami kelangkaan adalah tabung LPG 3 Kg. Untuk itu TPID Sulbar juga bergerak melakukan pengecekan di sejumlah agen LPG 3 Kg di Mamuju

KaDistapang Sulbar Waris mengatakan, untuk ketersediaan pasokan masih terbilang aman. Berdasarkan pantauan di Bulog, stok beras cukup lima bulan kedepan. Sementara untuk LPG subsidi juga masih aman.

“Ada tiga agen LPG di Mamuju, diharapkan para agen tetap berkoordinasi dengan Pemda dan TPID untuk memastikan pasokan aman dan tidak terjadi lonjakan harga,” ucap Waris.

Kata Waris, selain peninjauan pasar, program lain yang telah dijalankan dalam melakukan pengendalian inflasi adalah fasilitasi distribusi pangan serta melakukan gerakan pangan murah di sejumlah titik.

Selanjutnya, TPID Sulbar bergerak melakukan peninjauan pasokan dan harga kebutuhan pokok di Pasar Regional Mamuju (Pasar baru), fokus TPID mengecek harga daging ayam, telur, bawang, cabe, dan bahan pokok lainnya.

Lanjut di Pasar Lama Mamuju meninjau harga bahan pokok, terutama harga Ikan, serta mengecek harga daging dan minyak di Hypermart Matos Mamuju.

Kepala Biro Ekbang Sulbar Hamdani mengatakan, (jaf)

  • Bagikan