Target Angka Kelulusan Masuk PTN 30 Persen, Pemprov Sulbar Fasilitasi Bimbel

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dalam rangka menghadapi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, Pemprov Sulbar mempersiapkan kelas bimbingan belajar bagi siswa(i) Kelas XII SMA/SMK/SLB Sulbar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulbar Mithhar mengatakan, pihaknya telah bekerjasama Ruang Guru dan Insan Unggul Institut Makassar dalam melancarkan kelas bimbel tersebut. Targetnya angka kelulusan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mencapai 30 persen.

Rencananya, pembimbingan ini menyasar total 17.060 siswa kelas XII SMA/SMK/SLB se-Sulbar selama tiga bulan, dimulai pada 2 Februari hingga 30 April 2024. Pelaksanaan kegiatannya dilakukan dalam beberapa tahapan.

“Hal ini menjadi perhatian serius Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh, mengingat data tiga tahun terakhir angka kelulusan masuk ke PTN rata-rata 11 persen dan terendah di region Sulawesi. Sehingga tahun ini melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar mengalokasikan anggaran kegiatan Pembimbingan dan Pendampingan serta Tryout bagi Siswa SMA/SMK/SLB sederajat untuk tembus PTN,” kata Mithhar, Kepala Disdikbud Sulbar, baru-baru ini.

Mithhar menjelaskan, tahap pertama merupakan proses Sosialisasi SNBP yang bertujuan mengukur potensi siswa yang eligible pada SNBP untuk lulus pada program studi pilihannya.

“Peserta dari tahapan ini adalah 4.664 siswa eligible dengan target 20 persen dari siswa yang mendaftar lulus melalui jalur ini. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak 2 Februari dan telah dilaksanakan di 6 SMA/SMK di Polman dan Mamuju,” ujarnya.

Tahapan selanjutnya adalah bimbingan hibrid (tatap muka dan tatap maya) yang menyasar total 17.060 siswa dengan target minimal 3.500 siswa dapat diterima di prodi pilihannya di PTN favorit.

Selain tahapan ini, lanjutnya, juga akan dilaksanakan try out dan webinar pemilihan jurusan dalam rangka menyukseskan program pengembangan sumber daya manusia ini.

“Kita sangat berharap, dengan program ini, siswa-siswi Sulbar, akan meningkat angka kelulusannya masuk ke PTN dengan target di atas 30 persen. Semoga ikhtiar kita ini berjalan sesuai harapan dan akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM Sulbar,” ucapnya. (jaf)

  • Bagikan