Sidak Program Toilet Bersih, Prof Zudan: Sejumlah OPD Lambat Merespon

  • Bagikan
PJ Gubernur Sulbar lakukan sidak Toilet di OPD, Senin 12 Februari 2024. --pemprov sulbar--

MAMUJU, RADAR SULBAR — Untuk memastikan program toliet bersih dijalankan seluruh OPD, Penjabat Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh mengecek toilet di sejumlah OPD, lingkup Pemprov Sulbar, Senin 12 Febaruari 2024.

Zudan menjelaskan, sesuai arahan Mendagri Tito Karnavian, program ini perlu direspon cepat. Hanya saja dari hasil sidak yang dilakukan, OPD masih perlu melakukan pembersihan toilet.
“Saya liat memang toiletnya harus dibersihkan lagi,” kata Zudan.

Zudan menjelaskan, pentingnya program Toilet Bersih ini sebagai cermin bagi birokrasi dalam merawat pemerintahan.

“Kalau merawat toilet dan membersihkan toilet itu tidak bisa, apalagi harus mengurus rakyat. Bagaimana mengurus yang lebih besar , maka mari memulai dari yang sederhana,seperti toilet harus bersih,”ucap Zudan.

Untuk itu, mantan Dirjen Dukcapil ini mendorong agar seluruh OPD dan seluruh fasilitas layanan umum dan fasilitas layanan kantor se-Sulawesi Barat agar memperhatikan betul kondisi toilet.

“Semua kepala OPD harus bergerak lebih cepat, bersihkan semua toilet kalau perlu yang kotor diganti yang baru karena itulah cermin perilaku cermin kehidupan keseharian”jelasnya.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, Ia menekankan kepada OPD agar memperhatikan hal berikut seperti:

  1. Toilet harus dibuat lebih bersih lagi;
  2. ⁠Kloset dan alat-alat dalam toilet yang kondisinya rusak agar segera diganti baru;
  3. ⁠Bangunan Toilet yang rusak agar diperbaiki;
  4. ⁠Segera ambil langkah-langkah konkrit untuk target toilet bersih, karena program ini sudah dicanangkan sejak dua bulan lalu.
  5. OPD yang telah atau belum dikunjungi agar toiletnya dibersihkan sehingga bisa menjadi contoh dan membuat kesan positif bagi masyarakat dan tamu bahwa toilet di sulbar bersih-bersih dan wangi, termasuk toilet dimasjid agar dibersihkan dan dioperasionalkan.
  6. Secara berkala akan terus melakukan peninjauan diseluruh toilet OPD Pemprov Sulbar.

Prof Zudan pun mengingatkan, akan melakukan peninjauan secara rutin dan berkala memastikan apa yang menjadi arahan dapat segera ditindaklanjuti. (jaf)

  • Bagikan